EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEARNING JOURNAL DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Keywords:
Learning journal, Mahasiswa PGSD, Pembelajaran onlineAbstract
Learning journal dipercaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dalam pembelajaran online apakah penggunaan learning journal juga efektif? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan learning journal dalam pembelajaran online. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design†tipe posttest only control group design (POCGD). Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen non tes berupa angket yang digunakan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan learning journal. Instrument tes digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap materi perkuliahan. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jumlah mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sejumlah 38 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan statistik. Masalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh penggunaan learning journal terhadap hasil belajar mashasiswa? Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan learning journal tidak dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Rata rata hasil belajar pada kelas kontrol lebih tinggi dari pada kelas eksperimen. Penyebab kegagalan dapat diketahui berdasarkan angket responden yang menunjukkan bahwa mahasiswa merasa terbebani dengan adanya learning journal
References
Hidayati, Nur. 2017. “Pembelajaran Discovery Disertai Penulisan Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Probolinggo.†Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1(2):52.
Itorial, E. D. 2021. “Target Student Mental Well-Being.†37(6527).
Kartono and Ali Imron. 2011. “Penerapan Teknik Penilaian Learning Journal Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat.†Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 2(1):57–71.
Maulyda, Mohammad Archi, Radiusman Radiusman, Muhammad Erfan, Darmiany Darmiany, and Asrin Asrin. 2020. “The Effectiveness of the Use Lecture Journal Books in Improving Learning Outcome of PGSD Student’s.†Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10(1):1.
Moore, Joi L., Camille Dickson-Deane, and Krista Galyen. 2011. “E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?†The Internet and Higher Education 14(2):129–35.
Pujiasih, Erna. 2020. “Building a Golden Generation By Applying Various Online Learning in the Pandemic of Covid-19.†Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru 5(1):42–48.
Setyo, Ganjar and Layli Hidayah. 2020. “Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang.†Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 4(2):8–17.
Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, and Setiani Novitasari. 2020. “Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0.†JURNAL PENDIDIKAN GLASSER 4(1):64–71.
Umar, Umar, Andi Kaharuddin, Asri Fauzi, Arif Widodo, Radiusman Radiusman, and Muhammad Erfan. 2020. “A Comparative Study on Critical Thinking of Mathematical Problem Solving Using Problem Based Learning and Direct Intruction.†Pp. 314–16 in Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019). Vol. 465. Paris, France: Atlantis Press.
Widodo, Arif, Ida Ermiana, and Muhammad Erfan. 2020. “Emergency Online Learning : How Are Students ’ Perceptions ?†Pp. 263–68 in 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020). Vol. 513. Paris, France: Atlantis Press.
Widodo, Arif and Nursaptini Nursaptini. 2020. “Merdeka Belajar Dalam Pandemi : Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Mobile.†Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 8(2):86–96.