PENGARUH MASA PUBERTAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 30 MAKASSAR

Authors

  • KURNIA RUSLI Universitas MegaRezky

Keywords:

Pubertas, Motivasi, Belajar

Abstract

Pendidikan adalah kebutuhan manusia. Pendidikan selalu berubah, berkembang dan meningkat sesuai perkembangan segala bidang kehidupan. Perubahan dan perbaikan di bidang pendidikan mencakup berbagai komponen yang terlibat, baik itu pelaksana pendidikan di lapangan, kualitas pendidikan, perangkat kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, dan kualitas manajemen pendidikan, termasuk metode dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keefektifan pembelajaran, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada Pengaruh masa pubertas terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani di SMP Negeri 30 Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian kuesioner (Angket) melalui Google From. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simpel random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak Dengan jumlah responden 48 orang. Data yang diperoleh diolah dengan bantuaan aplikasi spss 26 dengan melakukan pengujiaan: deskriftif, korelasi, regresi linear sederhana dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh masa pubertas terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani di SMP Negeri 30 Makassar.

 

 

 

Author Biography

KURNIA RUSLI, Universitas MegaRezky

Pendidikan Jasmani

References

Asmiani Fawziah, Bela Itri Agriani, Istianah, Nofitri Annu Radha, Y. L. P. (2013). Perkembangan perilaku remaja pada masa pubertas. Retrieved from https: //asmiani- fawziah.blogspot.com/2013/04/perkembangan-perilaku-remaja-pada-masa_12.html

Heffner. (2019). Pendahuluan Puberitas.

Hidayat, R. (2012). Pengaruh Masa Pubertas Terhadap Perilaku Psikososial Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Majalengka: Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati.

Iskandar, A. M., & Fitrianingsih, J. (2019). Teknik Komunikasi Terapeutik Perawat Dan Kecemasan Pre Operasi Pasien. Socioedu Journal : Pendidikan, Sosial, Humaniora, 3(2), 64–72.

Mulyanto, R. (2016). Belajar dan Pembelajaran Penjas (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Ed.). Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sugiyono, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2014). No Title. Educational Psychology Journal, 1(2), 112–123. Retrieved from www.journal.unnes.ac.id

Syaiful Islam. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Edureligia, 1(1).

Widiyanto. (2008). Perilaku Masa Pubertas Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Di Mts Serpong Tangerang Banten. Tangeran Banten: Alfabeta.

Yeni Suryaningsih. (2017). Perilaku Masa Puber Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Pui Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Neliti.Com. Retrieved from https://www.bing.com/search?q=https://www.neliti.com/publications/279512/perilaku-masa-puber-pengaruhnya-terhadap...&form=IPRV10

Downloads

Published

2021-04-28

Issue

Section

Articles