ASPEK MINAT PADA SISWI KELAS XI SMAN 4 PALU TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Authors

  • Suaib Nur Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Muhammad Ismail Universitas Tadulako
  • Mohamad Rizal Suharto Universitas Tadulako
  • Muhammad Razak Abduh Universitas Muhammadiyah Palopo

Keywords:

Siswi, Minat, Pendidikan Jasmani

Abstract

Guru pendidikan jasmani yang berwenang sepatutnya  mendesain strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatasi permasalahn yang dihadapi oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar minat siswi terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Palu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan memakai teknik angket. Jenis angket yang dipakai adalah angket tertutup. Untuk hasil data di peroleh sebesar 76,67% intrinsik dalam diri dan 74,40% diperoleh faktor dari luar ekstrinsik. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa minat siswi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani SMA Negeri 4 Palu di pengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam diri (intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik).

References

Budiyarti, Y. (2011). Minat Belajar Siswa terhadap Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi Sarjana pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Roida, E.,F.,S. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2 (2).

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sudirjo, E., dan Alif, M.N. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Valianto B & Hamda, M. Sirait D. Survey Minat Masyarakat untuk Menggunakan Fasilitas Olahrga Di Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Volume 1, Nomor 2 oktober 2017. ISSN 2580-5150

Downloads

Published

2021-10-24

Issue

Section

Articles