STRATEGI ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • KHAIRUL HUDA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • ERNI MUNASTIWI Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Bakat, Kreativitas, Pandemi, COVID-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  tantangan dan hambatan pembelajaran dari rumah selama pandemi COVID-19 dan bagaimana strategi orang tua dalam mengembangkan potensi bakat dan kreativitas di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan lewat wawancara. Untuk mendapatkan data penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka digunakan teknik triangulasi sebagai teknik keabsahan data. Teknik triangulasi digunakan untuk mengecek kembali hasil wawancara penelitian. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam analisis data penelitian,  pertama dengan reduksi data. Kedua, yaitu  penyajian data penelitian. ketiga, adalah penarikan kesimpulan sebagai jawaban atas rumusan masalah yang diajukan.penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran orang tua dalam pengembangan bakat dan kreativitas selama pandemi COVID-19. Beberapa strategi yang telah diterapkan para orang tua agar bakat dan kreativitas anak tetap berkembang di masa pandemi, yaitu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat agar tercipta pembelajaran anak yang tenang dan nyaman, para orang tua aktif memantau perkembangan belajar anak selama melakukan pembelajaran dari rumah. Memberikan kebebesan yang selebar-lebarnya untuk bermain serta mengajarkan sebuah keterampilan kepada anak seperti memasak, dan menyiapkan segala keperluan yang diperlukannya saat belajar dari rumah, agar mereka tetap belajar dan tetap mengembangkan bakat dan kreativitas mereka.

Author Biography

KHAIRUL HUDA, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Program Studi Magister Interdiciplinary Islamic Studies, Konsentrasi Psikologi Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, Indah Ayu, Wahyuni Desti Utami, and Salsa Bila Rahma. 2020. “Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di SD Adiwiyata.†ISLAMIKA 2 (1): 161–69.

Fadillah, Ahmad. 2016. “Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.†Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1 (2): 113–22.

Farida, Nurul. 2014. “Pengaruh Sikap Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 3 (2).

Kau, Murhima A. 2017. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar.†In PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2017, 1:157–66.

Lestari, Barkah. 2006. “Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak†3: 8.

Magdalena, Ina, Julya Fatharani, Salsa Adinda Oktavia, and Qonita Amini. 2020. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Siswa.†PANDAWA 2 (1): 61–69.

Makmun, Puri Handayani. 2017. “Pengembangan Kreatifitas Keberbakatan Di Paud Griya Bermain Pangkalpinang Bangka.†AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK 3 (1): 83–96.

Munandar, Utami. 1997. “Mengembangkan Insiatif Dan Kreativitas Anak.†Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi 2 (2): 31–42.

Munastiwi, Erni. 2018. “Manajemen Model Pembinaan Kelompok Guru Paud Model ‘Multi-Workshop.’†AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK 4 (1): 51–60.

———. 2019. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta.†GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4 (2): 35–50.

Priyanto, Aris. 2014. “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.†Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, no. 2.

Pulungan, Fitri Helena, and Wahyuddin Nur Nasution Syafaruddin. 2018. “Pelaksanaan Pengembangan Bakat Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah (KKD) Di MAN 1 Medan.†EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 2 (1).

Salisah, Febi Nur, Leony Lidya, and Sarjon Defit. 2015. “Sistem Pakar Penentuan Bakat Anak Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining.†Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi 1 (1): 62–66.

sit, Masganti, Khadijah, Fauziah Nasution, Sri wahyuni, Rohani, Nurhayani, Siturus Ahmad Syukri, Raisah Armayanti, and Lubis Hilda Zahra. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik). Cetakan Pertama. Medan: Perdana Publising.

Wibowo, Yuyun Ari. 2010. “Bermain Dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani.†Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 7 (2): 15–20.

Wulandari, Cahyati. 2018. “IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN MINAT, BAKAT, DAN KREATIVITAS SISWA DI SLB NEGERI 1 BANTUL.†Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan 7 (3): 273–86.

Yulianti, Wita. 2016. “Aptitude Testing Berbasis Case-Based Reasoning Dalam Sistem Pakar Untuk Menentukan Minat Dan Bakat Siswa Sekolah Dasar.†Rabit: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab 1 (2): 110–26.

Downloads

Published

2020-10-22

Issue

Section

Articles