STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Strategi, Pengelolaan Kelas, Pendekatan EklektisAbstract
The Objective of this research was to explore teacher’s role in maximizing the potency of the class; factors inhibiting classroom management; teacher’s efforts in coping with issues of classroom management; and classroom management strategies. This case study was conducted at elementary school of SDN 83 Kota Tengah Gorontalo City, and employed a qualitative approach. The data were collected from technical and source triangulations. The result shows that in classroom management, the teacher serves as a counselor, motivator, facilitator, demonstrator, and evaluator. Therefore, the teacher was able to analyze issues revolving around the students, teachers, as well as the physical and socio-emotional environment in the classroom. Regarding this, the teacher endeavors to apply preventive and corrective acts with the involvement of the school and the committee. Teacher tends to apply eclectic or pluralistic approach in which two or more approaches were applied at the same time. Accordingly, it was expected that the eclectic approach helps teachers improve their capacity in selecting approaches that allow them to cope with problems regarding classroom managementReferences
Alfandi, H. 2017. Desain Pembelajaran yang Demokratis dan Humanis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Danim, S. dan Danim, Y. 2010. Administrasi Sekolah & Manajemen Kelas: Strategi Membangun Disiplin Kelas dan Suasana Edukatif di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia
Everston, C.M. dan Emmer, E.T. 2011. Classroom Management For Elementary Teachers. Eight Edition. Terjemahan A. Rahman. 2015. Manajemen Kelas untuk Guru Sekolah Dasar. Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenada Media
Helsa dan Hendriyati, A. 2017. Kemampuan Manajemen Kelas Guru: Penelitian Tindakan Di Sekolah Dasar dengan SES Rendah. Jurnal Psikologi. Vol: 16, hal: 90. Diambil pada tanggal 26 Juni 2018 dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/13144/pdf
Hilali, E.H. 2012. Pentingnya Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran. Jurnal. vol: 3, hal: 130. Diambil pada tanggal 08 Maret 2018 dari http://www.e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edubio/article/view/371
Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2014. Manajemen Kelas: Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mahendra, F. 2017. Analisis Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd Negeri Mojolangu 3 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Diambil pada tanggal 04 Juli 2018 dari http://eprints.umm.ac.id/35572/
Makinudin, M. 2017. Strategi Pengelolaan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran (Studi Multi Sistus di MI Perwanida Kota Blitar dan MI 6 Tahun Tambakboyo Kab Blitar). Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pascasarjana IAIN Tulungagung.
Minarti, S. 2016. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mubarrok, H. 2017. Ketika Guru dan Siswa Saling Bercermin (Kajian Refleksi Diri, Membangun Motivasi Menuju Perbaikan Diri). Jakarta: Elex Media Komputindo
Mursel J. dan Nasution S. 2008. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara
Puspitaningrum, E. 2017. Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas Di SD Negeri Minomartani 2. Jurnal Pendidikan. Diambil pada tanggal 26 Juni 2018 dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/6604/6370
Suda, I.K. 2016. Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia. Artikel Ilmiah. Diambil pada tanggal 26 Juni 2018 dari http://www.unhi.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/PENTINGNYA-MEDIA-DALAM-MENINGKATKAN-KUALITAS-PEMBELAJARAN-SISWA-DI-SEKOLAH-DASAR.pdf
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Vol: 2. Diambil pada tanggal 26 Juni 2018 dari https://media.neliti.com/media/publications/104713-ID-konsep-manajemen-kelas-dan-implikasinya.pdf
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suprihatiningrum, J. 2014. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suwardi dan Daryanto. 2017. Manajemen Peserta Didik. Yoyakarta: Gava Media
Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Gorontalo
Usman, M.U. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya