PERNGARUH MODEL APOS BERBASIS ICT DAN MODEL M-APOS TERHADAP SELF EFFICACY MAHASISWA

Authors

  • ITA HANDAYANI Universitas Pamulang
  • WIDYAH NOVIANA Universitas Pamulang

Keywords:

Model, Pembelajaran, APOS, M-APOS, Self Efficacy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menelaah  perbedaan self efficacy antara mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran APOS berbasis ICT dengan mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran M-APOS. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Pamulang. Metode penelitian yaitu quasi experiment dengan desain penelitian berbentuk berbentuk nonequivalent group posttest-only design. Data yang dianalisis yaitu skor kuisioner self efficacy dengan teknik analisis menggunakan uji-t. Instrument yang digunakan berupa kuisioner self efficacy. Pengujian prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan levene-test. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan multistage sampling. Hasil pengujian prasyarat analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 memiliki data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy mahasiswa yang diberi model Pembelajaran APOS lebih tinggi daripada mahasiswa yang diberi model pembelajaran M-APOS.

Author Biography

ITA HANDAYANI, Universitas Pamulang

Dosen di Program Studi Teknik Informatika

References

Ahmad, A. (2013). Effects of Self-Efficacy on Students’ Academic Performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.12928/jehcp.v2i1.3740

Badura, A. (1997). Self-efficacy the exercise of control. W. H. Freeman and Company.

Muchtar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Modification- Action , Process , Object , Schema ( M-Apos ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Stella, O., & Glory N., D. A. (2018). Statistics Self-Efficacy And Learning Styles As Predictor Of Statistics Anxiety. International Journal of Scientific Research and Management, 6(04), 240–248. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i4.el06

Sundayana, R. (2012). Pengaruh perkuliahan Statistika berbantu Ms. Excel dan SPSS dengan model pembelajaran tutorial terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2021-01-07

Issue

Section

Articles