IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS IMAN DAN TAQWA DI PANTI ASUHAN DARUL HADLANAH KOTA SALATIGA

Authors

  • TITIK ISNIATUS SHOLIKHAH Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, Iman, Taqwa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa, serta faktor pendukung dan penghambatnya di Panti Asuhan Darul Hadlanah Salatiga.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Metode pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa di Panti Asuhan Darul Hadlanah antara lain: metode tarbiyah (pendidikan), teladan, pembiasaan dan  metode cerita (kisah). Kedua, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa di Panti Asuhan Darul Hadlanah melalui kegiatan kegamaan dengan tiga pendekatan yaitu Mengaji (al-Qur’an dan Kitab), Masjid dan Kyai serta melalui kegiatan ekstra yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak. Ketiga, faktor pendukung implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa di Panti Asuhan Darul Hadlanah, meliputi: metode mengajar sangat menarik, adanya rasa kekeluargaan yang tinggi, dan kelompok bermain di panti sebagian besar berakhlak baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: sebagian anak masih merasa minder (kurang percaya diri) ketika disuruh maju hafalan dan menemui orang yang belum dikenal, beberapa anak masih merasa murung karena sering memikirkan masalah keluarganya, serta pengaruh lingkungan sekitar.

References

Al-Faqi, As’ad Karim. 2005. Agar Anak Tidak Durhaka. Jakarta: Gema Insani.

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, Muhammad dan Lilif Maulifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Indrawan, Rully dan R. Roppy Yaniawati. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (Revisi). Bandung: PT. Refika Aditama.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Kompetensi.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Patilama, Hamid. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sani, Ridwan Abdullah dan Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukandarrumidi. 2004. Metodologi Penelitian: Petinjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras Utama.

Zuldafrial dan Muhammad Lahir. 2012. Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Additional Files

Published

2019-10-22

Issue

Section

Articles