PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF PADA MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA

Authors

  • JOHAN EKA WIJAYA Universitas Baturaja
  • ADE VIDIANTI Universitas Baturaja

Keywords:

Bahan Ajar, Modul Elektronik Interaktif, Inovasi Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul elektronik interaktif pada mata kuliah inovasi pendidikan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan (Research & Development). Pendekatan yang dilakukan adalah mix methods research yaitu menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang diterapkan adalah yang dikemukakan oleh Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu 1) Perencanaan 2) Persiapan penulisan 3). Penulisan dan penyuntingan yang dalam hal ini merupakan tahan pengembangan produk dengan menggunakan software Flip PDF Profesional dan menghasilkan modul elektronik interaktif. Namun, model Rowntree ini tidak utuh pada bagian evaluasi produknya oleh karena itu model ini akan peneliti kolaborasikan dengan model evaluasi Tessmer sehingga ketidak utuhan model Rowntree akan tertutupi oleh kelebihan model evaluasi formatif Tessmer. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa bahan ajar modul elektronik interaktif memiliki tingkat kelayakan yang baik sekali dan efektif.

References

Arikunro, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Darmawan, D. 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul; Bahan Ajar untuk persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdani. 2011. Strategi Belajara Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Lim, J., Yunos, J. M., & Spahat, G. (2005). Development and evaluation of e-module for pneumatics technology. Konvensyen Teknologi Pendidikan Ke-18, 2(3), 322–327. Retrieved http://eprints.uthm.edu.my/2804/

Makki, B.(2012). The Impact of Integration of Instructional Systems Technology into Research and Educational Technology. Creative Education, 03(02), 275–280. https://doi.org/10.4236/ce.2012.3203

Panen, paulina & Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Pers.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudijono. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta

Sugiyono. 2010. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta

Suprijanto. 2008. Pendidikan Orang Dewasa; dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tessmer. Martin. 1998. Planning and Conducting Formatif Evaluations. London: Kogan Page

Downloads

Published

2019-08-26

Issue

Section

Articles