MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KABUPATEN BOALEMO

Authors

  • CHRISTI ES ADIPU Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Menyimak, Berbicara, Bermain, Peran

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak kelompok B di TK KiHajar Dewantoro Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo melalui metode bermain peran.

Metode yang digunakan dalam metode ini adalah dengan metode penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian ini sebanyak 20 siswa, terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I dan pada siklus II pembelajaran melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak usia dini

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Aisyah, siti. 2008, Pengembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, Universitas terbuka.

Bachri,S Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud

Barbara Sher. 2011. Kiat melatih konsentrasi pikiran anak. Jakarta: Indeks

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2009. Kurikulum Permen No. 58 Tentang Standar PAUD. Depdiknas Jakarta

Diana Mutiah. 2010. Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta:Kencanaprenada

Djiwandono, Soenarji. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks.

Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.Artikel

Eisele, Beverly, 1991. Managing the Whole Language Classroom, a Complete Teaching Resource Guide for K-6 Teachers. Cypress: Creative Teaching Press,Inc.

Fathurrohman, Pupuh. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Aditama.

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hartinah, 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung:Refika Aditama

Herlina, Cici. 2005. Upaya untuk Menguji Efektifitas Pengajaran dengan Menggunakan Alat Peraga yang akan Dibandingkan dengan Pengajaran Tanpa Menggunakan Alat Peraga. Semarang : UNNES.

Mulyasa, H.E.2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakrya

Mulyati, Yeti. Bahasa Indonesia. 2009. Jakarta Universitas Terbuka

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajara. Bandung: Rosdakarya.

Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sitti Aisyah, dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sudjana Nana. 2010. Penilaian Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2010.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: ALFABETA, cv Sumiati, dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Suyadi. 2010. Bimbingan konseling untuk PAUD. Jogjakarta:Divapress

Subyantoro. 2013. Pembelajaran bercerita : Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung

Downloads

Published

2019-10-22

Issue

Section

Articles