MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KABUPATEN BOALEMO
Keywords:
Menyimak, Berbicara, Bermain, PeranAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak kelompok B di TK KiHajar Dewantoro Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo melalui metode bermain peran.
Metode yang digunakan dalam metode ini adalah dengan metode penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian ini sebanyak 20 siswa, terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I dan pada siklus II pembelajaran melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara pada anak usia diniReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Aisyah, siti. 2008, Pengembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, Universitas terbuka.
Bachri,S Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud
Barbara Sher. 2011. Kiat melatih konsentrasi pikiran anak. Jakarta: Indeks
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2009. Kurikulum Permen No. 58 Tentang Standar PAUD. Depdiknas Jakarta
Diana Mutiah. 2010. Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta:Kencanaprenada
Djiwandono, Soenarji. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks.
Darmiyati Zuhdi. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.Artikel
Eisele, Beverly, 1991. Managing the Whole Language Classroom, a Complete Teaching Resource Guide for K-6 Teachers. Cypress: Creative Teaching Press,Inc.
Fathurrohman, Pupuh. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Aditama.
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.
Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Hartinah, 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung:Refika Aditama
Herlina, Cici. 2005. Upaya untuk Menguji Efektifitas Pengajaran dengan Menggunakan Alat Peraga yang akan Dibandingkan dengan Pengajaran Tanpa Menggunakan Alat Peraga. Semarang : UNNES.
Mulyasa, H.E.2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakrya
Mulyati, Yeti. Bahasa Indonesia. 2009. Jakarta Universitas Terbuka
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajara. Bandung: Rosdakarya.
Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Sitti Aisyah, dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana Nana. 2010. Penilaian Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara
Sudjana, Nana. 2010.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: ALFABETA, cv Sumiati, dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Suyadi. 2010. Bimbingan konseling untuk PAUD. Jogjakarta:Divapress
Subyantoro. 2013. Pembelajaran bercerita : Universitas Terbuka
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung