MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MEDIA PASIR AJAIB PADA ANAK DI KABUPATEN POHUWATO
Keywords:
Motorik, Halus, Saintifik, Media, Pasir.Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus dan kreativitas dengan menggunakan pendekatan saintifik pada anak kelompok B TK Tunas Harapan Kecamatan Popayato Timur Kabupaten Pohuwato melalui media pasir ajaib.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang subyek penelitian ini sebanyak 20 siswa, terdiri dari 14 orang anak laki-laki dan 6 anak perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada observasi awal kemampuan motorik halus anak pada kategori mampu. Dengan demikian pembelajaran melalui media pasir ajaib dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dengan pendekatan saintifik.References
Arikunto,Suharsimi.(1997). Dasar-dasar evaluasi pendidikan : Aplikasi dan penerapannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud.(1994). Kurikulum berbasis kompetensi dalam menunjang kecakapan hidup siswa, Jakarta,Bina aksara.
Djahiri, (1993).Landasan falsafah dan teori teknologi pendidikan, Media Kencana, IKIP Jakarta.
Gunawan, Ary H., (1986), Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bina Aksara.
Hamdani, Asep Saepul, (2002) Pengembangan Kreativitas, Jakarta : Pustaka As-Syifa
J.J Hasibuan dan Mujiono, (1993) Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Rosdakarya), hal. 31
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-5 2016
Khadijah, Nyayu, (2009).Psikologi Pendidikan, Palembang, Grafika Telindo Press, Sumatera Selatan.
Lia Hudiani Jannah, Faktor Pendukung dan Penghambat Kreativitas anak, dikutip dari http://pkaud.blogspot.com/ di akses pada tanggal 12-11-2012
Majid, Abdul.(2004), Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Masitoh,ocih,Heny,(2005),PendekatanBelajarAktifDiTK,Jakarta:Diretur PembinaanPendidikanTenagaKependidikandanKetenagaanPerguruan Tinggi.
Muhibbin Syah, (1995) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya), hal. 209
Mulyasa,(2010),PraktikPenelitianTindakanKelas,Bandung:Rosda
Munandar,(1999),PengembanganKreativitasAnakBerbakat,Jakarta:RinekaCipta.
Munandar, Utami, (2004) Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat,Jakarta : Asdi Mahasatya
Munandar, Utami, (1999) Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah , Jakarta : Gramedia Pustaka.
Nursisto,(1999),KiatMenggaliKreativitas,Yogyakarta:MitraGamaWidya. Rahardjo,B.JokoIrawan,2004,PenulisanLaporanSkripsidanTesis,Yogyakarta:Andi
Sudjana,N,(2010),PenilaianHasilProsesBelajarMengajar,Bandung:PT RemajaRosdakarya.
Sujiono,YulianiNurani.(2008).MetodePengembanganKognitif.Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumanto,(2005),PengembanganKreativitasSeni RupaAnakTK,Jakarta:Diretur PembinaanPendidikanTenagaKependidikandan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana, 2011.
Suyanto,S.(2008),StrategiPendidikanAnak,Yogyakatra:Hikayat. Suyadi,2011,ManajemenPaud,Yogyakarta:PustakaPelajar.
Syafaruddin & Herdianto, (2011) Pendidikan Pra Skolah, Medan : Perdana Publishing.
Tim KBBI (1996).Makalah Kongres Budaya dan Bahasa Indonesia di Jakarta
Tukiran, (2010).PenelitianTindakanKelas,Bandung:Alfabeta.
Wardhani,I.KuswayaWihardit,(2008).PenelitianTindakanKelas,Jakarta: UniversitasTerbuka.
Yuwono, Trisno, (2003) Kamus lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Arkola