PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI KABUPATEN GORONTALO UTARA
Keywords:
Model, Pembelajaran, Motivasi, Belajar, HasilAbstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara
Untuk mengumpulkan data digunakan Observasi, kuesionare dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN 4 Anggrek berjumlah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian menggunakan random sampling, sehingga jumlah sampel yang di ambil sebanyak 40 orang yang akan diteliti sesuai obyek penelitian.
Berdasarkan hasil analisis bahwa model pembelajaran dan motivasi belajar signifikan terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.References
Achmad, Sugandi, dkk. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Dimyati. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Djamarah, Syaiful B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Erawati, Widya. 2011.Implementasi Model VCT (Values Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Semester 1 SD No. 3 Purwakerthi Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha
Furchan, Arief. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar
Gagne, Robert M. 2003. Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2017. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah B. Uno dan Satria M.A. Koni, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: MQS Publishing
Hapsari, Yolanda Rossey (2012) Studi Komparasi Metode Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dan Konsiderasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD Negeri Trangsan 03 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
I Dewa Made Arta Putra (2013) Pengaruh model pembelajaran value clarification teenique (vct) terhadap hasil belajar pkn siswa kelas v. Indonesian Publication Index (IPI).
I Dewa Made Arta Putra, 2013. Pengaruh model pembelajaran value clarification teenique (VCT) terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas V. Tesis. Jurnal Ilmiah Vol 3 Nomor XII.
Indriana, Dana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA Press.
Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Johnson, 2011. Kelebihan Model PembelajaranBerdasarkanMasalah. Jakarta: PT Gramedia
Kemdiknas. 2011. Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdiknas.
Kertawisastra. 2003. Strategi Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Maning. 2004. Model Pembelajaran Efektif dan Strategi Proses Pembelajaran. Jakarta :Gramedia.
Moedjiono. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Nana Syaodih Sukmadinata, 2009. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rasimin, dkk,. 2012. Media Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Trust Media,
Riduwan 2009. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci
Rohani, Ahmad. 2014. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum danPembelajaran. Jakarta:Kencana Perdana Media Group.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sarjono. 2003. Model Pembelajaran dan Teknik Pembelajaran Efektif. Jakarta: Gramedia.
Sudaryo. 2008. Mendesain Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Epektif. Jakarta: Balai Pustaka.
Sudaryono. Dkk, 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yokyakarta : Graha Ilmu.
Sugiyono, 2013. Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Gramedia
Suryani.2004. Motivasi Belajar dan Peningkatan Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
UNDANG-UNDANG No.20.2003. Tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional