INTERACTIVE MEDIA DEVELOPMENT OF ARTICULATE STORYLINE APPLICATION FOR MTS LEVEL ARABIC LEARNING

Authors

  • Muhammad Zamroni Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rumadani Sagala Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Akmansya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Erlina Erlina Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Koderi Koderi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

Articulate Storyline, ADDIE, Arabic Learning

Abstract

Pada saat pembelajaran bahasa arab di kelas 7 SMP/madrasah tsanawiyah kurang menarik perhatian siswa ditandai dengan respon siswa saat diberikan pertanyaan dan siswa malas belajar bahasa arab di rumah karena bahan ajar dan guru bahasa arab tidak bisa selalu mendampingi siswa setiap saat dan pada masa covid 19 peneliti memutuskan untuk mengembangkan aplikasi karena proses belajar mengajar dilakukan di rumah masing-masing. penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar melalui aplikasi pembelajaran Bahasa arab. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah pengembangan dengan pendekatan pengembangan model ADDIE. Dengan Produk yang akan dihasilkan berupa aplikasi pembelajaran bahasa Arab khusus untuk tingkat SMP semester 2. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi ahli pembelajaran bahasa Arab, ahli materi bahasa Arab dan ahli media dan desain bahwa aplikasi ini layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab semester 2 untuk 7 SMP/madrasah tsanawiyah selanjutnya hasil respon siswa yang mendapatkan skor rata-rata 88% dengan kategori baik. Dari hasil tersebut bahwa aplikasi pembelajaran bahasa Arab ini layak untuk digunakan

References

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual Powtoon pada pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40-50.

Angko, N. (2017). Pengembangan bahan ajar dengan model addie untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-15.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas IV sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193-204.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Basori, M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.

Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Efendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 21-25.

Hadis, Abdul. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006. Mulyati, Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2005.

Hajar, I., & Hamid, M. A. Ali, Muhamad, Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Ang asa, 2002. Ari unto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Ja arta: Rine a Cipta, 2006. Asnawir dan M. basyiruddin Utsman, Media Pembelajaran, Ja arta: Ciputat Pers, 2002.

Khamidah, N., Winarto, & Mustikasari, V.R. (2019). Discovery Learning: Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (JIPVA), 3 (1).87-99.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019, October). Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Machmudah, U., & Rasyidi, A. W. (2008). Active learning dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4 (1). 84-96.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

Munir. 2013. Multimedia : Konsep dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Nazar, M., Zulfadli, Z., Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis android untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 39-54.

Ningtyas, E. S., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 66-74.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44-51.

Rosyidi, A. W., & Ni'mah, M. A. (2011). Memahami konsep dasar pembelajaran bahasa Arab.

Setiadi, A., Yuliatmojo, P., & Nurhidayat, D. (2018). Pengembangan aplikasi Android untuk pembelajaran pneumatik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (JVoTE), 1(1), 1-5.

Sofan, A. (2013). Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suharsimi, A. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka publisher.

Yuberti, Y. (2017). Peer Review Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Downloads

Published

2023-01-06

Issue

Section

Articles