STRES KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA NEW NORMAL
Keywords:
Stres Kerja, Pembelajaran Daring, New NormalAbstract
Pembelajaran melalui daring yang dilakukan pada masa new normal karena guru diharuskan untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa, guru lain, dan kepala sekolah, jam kerja guru tidak dibatasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) persepsi guru atas kondisi stress kerja pada pembelajaran daring di masa new normal, (2) faktor yang mempengaruhi stres guru dalam pembelajaran daring di masa new normal, dan (3) upaya guru dalam mengelola stres kerja dalam pembelajaran daring dimasa new normal. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Adanya kondisi stres kerja guru dalam pembelajaran daring dimasa New Normal di SMPN 1 Bintauna yang terlihat dari kelelahan yang cepat dalam kegiatan pembelajaran, perasaan tidak senang, sinis dan tidak semangat, penurunan pencapaian kerja dan enggan berkolaborasi dalam bekerja (2) faktor yang mempengaruhi stres guru dalam pembelajaran daring dimasa new normal di SMPN Negeri 1 Bintauna adalah faktor internal kemampuan guru dalam inovasi pembelajaran, komitmen guru yang belum optimal dan manajemen waktu guru yang kurang maksimal. Sementara faktor eksternal adalah faktor siswa yang sulit memahami materi secara konsep dan konteks, lingkungan kerja yang mulai berubah dan beban kerja yang besar, dan (3) upaya guru dalam mengelola stres kerja dalam pembelajaran daring dimasa new normal di SMPN 1 Bintauna yaitu dengan menggunakan fasilitas yang disesuaikan dengan kemampuan guru.References
Ansley, B. M., Houchins, D. E., Varjas, K., Roach, A., Patterson, D., & Hendrick, R. 2021. The impact of an online stress intervention on burnout and teacher efficacy. Teaching and Teacher Education, 98, 103251. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103251
Arifa. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19). Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6). http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DIApril-2020-1953.pdf.
Ashadi & Suhaeb. 2020. Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK pada Masa Pandemi. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 46-51.
Dewantara, A. H. Amir B., & Harnida. 2020. Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media berbasis IT ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28.
Hidayati, R. 2008. Kecerdasan Emosi, Stres Kerja, dan Kinerja Karyawan. Jurnal Psikologi, 2(1), 271-285.
Husain, R. 2022. Mutu Layanan Tutor dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Revolusi Industri 4.0 di SKB Kabupaten Bone Bolango Ditinjau dari Kreativitas Tutor dan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket B. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 213-226.
Handayani. (2020). Keuntungan, Kendala, dan Solusi Pembelajaran daring Selama Pandemi Covid-19: Studi Eksploratif di SMPN 3 Bae Kudus. JIEMAR. Vol. 1 No. (2).
Haydon & Stevens. (2018). Teacher Stress : Sources, Effects, and Protective Factors. Journal of Special Education Leadership, 31(2), 99– 107
Iriansyah, H. S. (2020). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
Issom, F. L. & Aprilia, F. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Stres Kerja Pada Pengajar Muda Di Gerakan Indonesia Mengajar. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, Vol. 8, 1
Juwita, K. & D. Arintika. (2018). Dampak Konflik Peran Terhadap Stres dan Kepuasan Kerja Karyawan PT. Jombang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Jombang). Jurnal Manajemen Indonesia (Vol. 18(2), pp. 105-115
Kristanti, E. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Lingkungan Kerja Nonfisik Terhadap Stres Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Mojokerto Kota). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomor 1 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
Refti. (2018) “Strategi Pengelolaan Stres Guru Wanita Berstatus Guru Tetap Yayasan Sekolah Dasar Bersistem Full Day Schoolâ€. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Volume. 3, Nomor. 1, Juni 2018.
Robbins SP, dan Judge 2011. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rizka, Z. (2013). Sikap terhadap pengembangan karir dengan burnoutpada karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (2), 2301-8267
Salmiah R. (2020). Kendala Yang Dihadapi Murid Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi.
Sari, E. (2014). Hubungan antara stres kerja dengan kinerja perawat pelaksana di ruangan awat inap RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Jurnal Kesehatan Masyarakat Volume 1 Nomor 1.
Setiawan, A. R. (2020). “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19)â€, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1 (hlm.30), Tersedia pada 92 https:// edukatif. org/index.php/edukatif/article/view/80 (diakses tanggal 03 Desember 2021)
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, D. 2017. Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125-132