PENGARUH PRESERVICE DAN INSERVICE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Roslin Takahindangen Universitas Negeri Gorontalo
  • Arwildayanto Arwildayanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Preservice, Inservice, Kompetensi Guru SD

Abstract

Kompetensi guru, diperlukan upaya yang dapat menstimulasi peningkatan kompetensi guru melalui Preservice dan inservice training. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis; (1) pengaruh preservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (2) pengaruh model inservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (3) pengaruh preservice dan inservice training terhadap peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diartikan sebagai berikut: (1) Preservice training berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Selanjutnya, model insrvice training berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan hasil uji serta preservice dan inservice training memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan kompetensi guru SD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan hasil uji one sample test diperoleh 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dalam rangka peningkatan kompetensi guru dapat digunakan melalui Inservice training.

References

Agus Wibowo dan Hamrin, 2012 Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi & Karakter Guru), Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Arwildayanto. Pengembangan Preservice Dan In-Service Education Untuk Peningkatan Profesionalisme Melalui Kepemimpinan. Laporan Penelitian Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi Universitas Negeri Gorontalo 2021

Baharun, H. (2017). Peningkatan Komunikasi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah

Sagala, Syaiful, 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran: Rineka Cipta

Friedman, Paul G. dan Yarbrough, Elaine A. (1985). Trainning Strategies. New Jersey: Prentice- Hall.

Gunawan, I. (2016). Pendekatan Alternatif dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(02).

Kornelius Benuf, dkk. ‘’Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Konsumen Financial Technology (Fintech) Di Indonesia’’. Jurnal Ilmu Hukum Volume 3 Nomor 2, April 2019 145-160 dapat diakses pada laman https://ejournal.uksw.edu/refleksihukum/article/view/2413 (diakses pada tanggal 28 maret 2022)

Kornelius, Margono, A., & Hartiningsih. (2014). Pendidikan dan Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 27 Sendawar KAbupaten Kutai Barat. eJournal Administrative, 2, 1811-1823.

LAPIS, 2009, Materi Workshop Penguatan Kapasitas Dosen, (Surabaya: IAIN Sunan Ampel

Mahmuda. (2016). Pengembangan Pedoman In Service Training Pada Kurikulum 2013 Melalui KKG-PAI dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di Kecamatan Panji Situbondo. JPPI, 21

Mulyasa.E. (2008). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Murata, A. (2011). Introduction: Conceptual overview of lesson study. In Lesson study research and practice in mathematics education (pp. 1–12). Springer

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2007. Tentang standar pengawas sekolah/madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem Dan Transaksi Elektronik. Di kutip dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP82-2012TransaksiElektronik.pdf. Diakses tanggal 28 Desember 2022

Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Sholeh Ridho, (2014), Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inservice Training Education, At-Turas, Vol 1 No. 1 Maret 2014 pp 95-110

Sirojuddin, & Jusmin, 2019. Implementasi Program Penugasan Dosen di Sekolah. Jurnal Abdimasa

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung. Alfabeta

UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Uzer Usman, Moh. 1992. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja RosdaKarya

Wibowo dan Hamrin, 2012, Menjadi Guru Berkarakter, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles