PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKASI BAHASA INDONESIA FUN BOARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS
Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Edukasi, Fun BoardAbstract
Media permainan edukasi, diharapkan dapat menarik minat Siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik sehingga kemampuan berbicara peserta didik juga akan maksimal khususnya pada SDN 21 Limboto. Dalam Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research anf Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop 4) Disseminate. Kavalidan produk dilakukan oleh ahli dengan lembar validasi ahli. Kepraktisan produk diuji dengan uji coba kelompok kecil kepada 8 orang siswa serta uji coba lapangan kepada 20 orang siswa dan dilanjutkan dengan membagikan angket dengan tujuan untuk melihat respon siswa terhadap media. Hasil penelitian menunjikkan bahwa tingkat validitas pengembangan produk permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board dalam meningkatkan keterampilan Ahli materi berbicara 96,6%, ahli media 89%, dan ahli bahasa 93,3% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil tes kelompok 8 siswa dan tes lapangan 20 siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase tertentu masing-masing. 95.2% dan 94.6%. Hasil pre-test dari 20 orang siswa terhadap keterampilan berbicara memperoleh hasil rata-rata 48 dan hasil post-test memperoleh hasil rata-rata 74. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 sekolah dasar dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.References
Amka. 2018. Media Pembelajaran Inklusif. Siduarjo: Nizamia Learning Center
A.Pribadi,Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Arina, D. Mujiwati, S. E. & Kurnia, I. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 1. No. 2.
Arikunto, S. & Safruddin, A. J. C. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
A.R, Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo: Jakarta
Alfulaila, Noor dan Ngalimun. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Beta, P. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52.
Djumhana, Nana. 2009. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Fadjarajani, S. Indrianeu, T. dkk. 2020. Media Pembelajaran Transformatif. Ideas Publishing. Gorontalo Farhurohman, O. (2017). Implementasi pembelajaran bahasa indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Hidayah, Nurul. 2014. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language, Terampil. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dasar, Vol 1, No.2.
Hidayati, A. 2018. Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan komunikatif kelas V SD Padurenan II di Bekasi tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83-95.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Kurniawan, Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Edisi Pertama, Prenada Media Group : Jakarta.
Kustandi, Cecep. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kustandi, C. & Darmawan. D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: KENCANA.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran : Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia
Lexy, J Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayani, D., & Supriadi, D. 2021. Pengembangan Media Board Games Pada Mata Pelajaran Ipa Tema 1 Kelas Iv Sdn Sindang Rasa Bogor. Educate:
Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 83-91.
Pamela, K. D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Berbasis Education Fun (E-Fun) Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 10(1), 39-45.
Paseleng, C. Mila, A. & Rizki. 2015. Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. SCOLARIA: Jural Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 5. No. 2.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Sadiman, S, Arief, dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Safitri, W. C. D. 2020. Pengembangan media board game untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181 190.
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.
Sanjaya, Winna. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf
Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. 2013. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1–10.
Septianti, N., & Afiani, R. 2020. Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7-17.
Simanjuntak. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Siska, Y. 2011. Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31-37.
Sudjana. 2011.Media Pengajaran (penggunaan dan pembuatannya). Bandung: Sinar baru algesindo.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia.
Sutirna. (2018). In Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Stabilitas Nasional. Jakarta: Seminar Nasional Semnas Ristek. (pp. 269–276).
Tambunan, P. 2018. Pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(1).
Tamu, S. S. Hulukati. Evi & Djakaria, I. 2020. Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education. Vol. 1. No. 1.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Vega Vitianingsih, A. (2016). Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Inform, 1(1), 25-32.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.