ANALISIS DISIPLIN BELAJAR ANAK PANTI ASUHAN PENYANTUNAN YATIM DARUL AITAM

Authors

  • Dika Sahputra Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara
  • Muhammad Hambali Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara
  • Murni Asih Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara
  • Nanda Nur Sakinah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara

Keywords:

Panti Asuhan, Pembelajaran Disiplin, Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan

Abstract

Anak panti asuhan, kerap disepelekan oleh orang-orang baik secara kemampuan, ekonomi dan segi lainnya. Meski ekonomi mereka minim, bukan berarti intelektual mereka juga rendah. Tujuan daripada penelitian untuk mengetahui bagaimana perbedaan perkembangan proses belajar antara anak perempuan dengan anak laki-laki sesuai indikator disiplin belajar. Metode penelitian mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengambil sampel melalui wawancara dan data 3 anak SMP perempuan dan 3 anak SMP laki-laki. Adapun hasil penelitian ialah anak laki-laki memiliki disiplin belajar yang minim akibat beberapa faktor, namun anak perempuan memiliki cakupan yang cocok dengan indikator disiplin belajar, sebab minat belajar pada anak perempuan cukup tinggi. Kesimpulannya bahwa anak laki-laki dengan anak perempuan memiliki analisa disiplin belajar yang berbanding terbalik.

Author Biography

Nanda Nur Sakinah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara

Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas dakwah dan Komunikasi, Universitas Negeri Islam, Medan

References

Abidin, Z. (2009). Optimalisasi Konseling Individu dan Kelompok untuk Keberhasilan Siswa. Pemikiran Alternatif Pendidikan, 14(1), 1–12.

Edlin, R. (2022). TIPS IN IMPLEMENTING DISCIPLINE IN THE FOUNDATION CHILDREN ( CASE STUDY AT AISYIYAH ORPHANAGE KOTO TANGAH BRANCH , PADANG CITY ). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 218–222. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i2.114893

Fiara, A., Bustamam, N., Studi, P., Konseling, B., Keguruan, F., Ilmu, D., & Kuala, U. S. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin Pada Siswa SMPN 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–6.

Hurlock, B. E. (2006). Perkembangan Anak (2nd ed.). Erlangga.

Irma, Y. E. (2021). Peran Orang Tua Asuh dalam Membina Disiplin dan Moral Anak di Panti Asuhan. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 1–6.

Megayanti. (2016). IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA MALAS BELAJAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 48–53.

Miranda, D. (2018). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 18–30.

Moenir. (2010). Masalah-Masalah Dalam Belajar. Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo.

Downloads

Published

2023-01-03

Issue

Section

Articles