PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT MENULIS BAHASA INDONESIA KELAS IV
Keywords:
Model pembelajaran Projek Based LearningAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan dan minat menulis bahasa Indonesia siswa kelas IV SD dengan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, deskriptif inferensial dalam penelitian ini diberikan perlakuan tertentu (treatment), yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi dengan Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner kemampuan menulis dan minat menulis serta proyek membuat puisi serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pertama dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis Manova. Hasil penelitian, uji hipotesis manova ditemukan nilai signifikansi media pembelaajran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV adalah 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa Ho di tolak dan H1 diterima, dengan pengambilan keputusan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PBP) terhadap kemampuan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas IV; 3) berdasarkan uji multivariate di atas ditemukan nilai sig 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa Ho di tolak dan H1 diterima, dengan pengambilan keputusan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PBP) terhadap minat menulis Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDReferences
Agus, Muhammad. 2012. No Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gema Media.
Akhir, Muhammad. 2017. “Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa SD.†Indonesian Journal of Primary Education 1(2): 30–38.
Ayu, Riski, and Agung Tri. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning.†Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning 13(2): 2437–46.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
Irsan, Ahmad, and Muhammad Akhir. 2021. “Kemampuan Menulis Eksposisi Pada Murid Kelas V.†04: 270–75.
Kamidjan. 2010. Teori Membaca. Surabaya: JPBSI FPBS IKIP Surabaya. KBBI daring. 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses 11januari 2022.
Kemendikbud. 2013. “Kerangka Dasar Kurikulum 2013.†Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.
Nafiag, Hadi. 2011. Anda Ingin Jadi Pengarang. Surabaya: Usaha Nasional Surabaya.
Salmia. 2020. “Peranan Guru Mengatasi Kesulitan Menulis Dan Berhitung Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.†© 2020-Indonesian Journal of Primary Education 4(2): 152–62.
Sarah, Agustiah. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa.