PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN POSTER SESSION TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V
Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, poster sessionAbstract
Pembelajaran dengan menggunakan model berbasis masalah merupakan salah satu dari banyak strategi pembelajaran inovatif. Model pembelajaran ini menyajikan suatu kondisi belajar peserta didik yang aktif serta melibatkan peserta didik dalam suatu pemecahan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Poster Session terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dalam penelitian ini diberikan perlakuan tertentu (treatment), yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 murid. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi dan tes hasil belajar serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pertama dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas IV menunjukkan nilai yang signifikansi 0,700 berada diatas 0,05 hal ini berarti berdistribusi normal. nilai signifikansi hasil belajar siswa kelas IV adalah 0,646 lebih besar dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis masalah berbantuan poster session terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV, dan berdasarkan uji manova multivariate dengan pengambilan keputusan bahwa nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar dan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan poster session pada kelas eksperimen dengan siswa yang belajar secara konvensional pada kelas kontrolReferences
Amir, Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problema Based. Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Dimyati, Mudiyono; 2019. Belaajr dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara Djamarah.
Gagne, R.M dan Briggs, L.J. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Kadri, Muhammad, dan Meika Rahmawati. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor.†Jurnal Ikatan Alumni Fisika 1(1): 21.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, Fanny Vidhayanti. 2012. “Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pembelajaran IPA Siswa kelas III SD Mutiara Harapan.†Repositori Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/104495/.
Nurhikmah. 2013. “Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA.†Psychology.
Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Salmia. 2020. “Peranan Guru Mengatasi Kesulitan belajar Menulis dan Berhitung pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.†© 2020-Indonesian Journal of Primary Education 4(2): 152–62.
Slamet. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto. 2017. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zain, Djamarah; 2020. Strategi Belajar Mengajar. Jakatra: PT. Rineka Cipta.