PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model Pembelajaran blended learning, literasi digital, motivasi, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini merumuskan tujuan yaitu pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis literasi digital secara simultan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa. Desain penelitian yang digunakaan adalah Non equivalent Control Group Design dengan pengambilan sampel ditentukan dengan mengambil group yang tersedia tanpa melakukan random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial. Sebagai persyaratan dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan Levene’s test. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian motivasi belajar menunjukkan pada uji Kolmogriv-Smirnov berdasarkan Unstandardized Residual didapatkan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,608 lebih besar dari 0,05 maka penelitian ini dapat disimpulkan berdistribusi normal. Uji manova multivariate hasil belajar bahwa nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Blended Learning berbasis literasi digital secara simultan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran blended learing berbasis literasi digital berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa group V UPT SPF SD Negeri Mangkura 1 MakassarReferences
Andayani, Ayulita. 2019. “Penerapan Blended Learning Tipe Flipped Classroom Menggunakan Edmodo Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Keaktifan Belajar Siswa Group Xi Mipa 1 Di Sma Negeri 3 Singaraja.†Universitas Pendidikan Ganesha.
Astriyanti, G., Susilaningsih, E., dan Supartono. 2017. “Model Blended Learning Berbasis Task Dengan Penilaian Jurnal Belajar Terkait Pencapaian Kompetensi Dasar.†Jurnal Chemistry in Education Vol 6, No: Hal 14-19.
Dias Rian. 2016. Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Dwiyogo Wasis D. 2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kurniawati, Meyla, Harja Santanapurba, and Elli Kusumawati. 2019. “Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp.†EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1): 8–19.
Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Salmia, and A. Muhammad Yusri. 2021. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Masa Pandemik Covid-19.†Indonesian Journal of Primary Education 5(1): 82–92. http://ejournal.upi.edu/index.php/.
Sandi, Sofia, and Ardi Saputra. 2012. “The Effect of Effective Microorganisms-4 (Em 4) Addition on the Physical Quality of Sugar Cane Shoots Silage.†International Seminar on Animal Industry | Jakarta 4(July 2012): 5–6.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.