PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Sistem PencernaanAbstract
Penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran di kelas masih belum maksimal dan kurang menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif pada materi sistem pencernaan manusia agar para pendidik mampu menggunakan program microsoft powerpoint dengan baik sehingga kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan tidak monoton. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang igunakan adalah model pengembangan 4D, dengan empat tahapan yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata sebesar 86,63% yang masuk dalam kriteria layak. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa media dinyatakan layak dengan rata-rata 90,63%. Dan uji coba skala kecil dengan membagikan angket respon siswa dinyatakan bahwa media dinyatakan layak dengan rata-rata 85,38%. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran powerpoint interaktif dinyatakan layak untuk disebar dan diterapkan dalam proses pembelajaran.References
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Borboa, D., Joseph, M., Spake, D., & Yazdanparast, A. (2014). Perceptions and use of Learning management system tools and other technologies in higher education: A prelimanary analysis. Journal of Learning in Higher Education, 10(2), 17–23.
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124.
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217.
Dimyati A, M., Suwardiyanto, D., Yuliandoko, H., & Arief W, V. (2018). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (on Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 96–100.
Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809.
Kusuma Wardani, R. F. A., Rifai, M., & Mandalwati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 104.
Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117.
Mufida, I. L., Utami, S., & Hermawan, A. (2022). Pengembangan Media Lubel dalam Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Fabel Siswa Kelas VII. 2(1), 70–83.
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51.
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258.
Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran “ORMAS†(Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209.
Putri, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Powerpoint pada Materi Virus Kelas X SMA / MA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 6847–6855.
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35.
Tamara, M. F., Tulenan, V., Paturusi, S., Elektro, T., Sam, U., & Manado, J. K. B. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 377–386.