PENGARUH LATIHAN SINGLE LEG SPEED HOP TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JANGKIT SISWA SMA NEGERI 2 LUWUK

Authors

  • ABU BAKAR Universitas Muhammadiyah Luwuk

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh latihan single leg speed hop terhadap kemampuan siswa putra kelas X SMA Negeri 2 Luwuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan single leg speed hop terhadap kemampuan Lompat Jangkit pada siswa putra kelas X SMA Negeri 2 Luwuk. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir) yang bersifat eksperiman.. Data penelitian di peroleh dari 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggukan teknik tes, jenis tesnya adalah tes performance/perbuatan yang merupakan tes kemampuan lompat jangkit. Berdasarkan analisa dengan tehnik statistic deskriptif, bahwa untuk tes latihan Single Leg Speed Hop diperoleh perhitungan yaitu thitung sebesar 17,740 dengan ttabel dengan taraf signifikasi 5% d.b = (N-1) (20-1) =19 sebesar 2,093. Jadi thitung lebih besar dari pada ttabel atau thitung =17,740>ttabel =2,093. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima,ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan (berarti), antara latihan Single Leg Speed Hop terhadap kemampuan lompat jangkit dapat diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa latihan Single Leg Speed Hop dapat meningkatkan kemampuan Lompat jangkit Pada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 2 Luwuk.

References

Aip Syarifuddin. 1992. Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kependidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nur, Mohammad. 2013. Pengaruh latihan squat jump Terhadap Kemampuan lari 80 Meter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Marawola. Universitas Tadulako. Palu. tidak diterbitkan.

Mohammad Salahuddin. 2018. Kontribusi Daya Ledak Tungkai dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Siswa SMP Negeri 1 Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser, 2(2):30-40.

Saputra, Y.M. (2001). Dasar-dasar Keterampilan Atletik. Dirjen Olahraga Depdiknas Jakarta.

Winarno, M.E. (2005). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Pendidikan FIP UM.

Downloads

Published

2019-04-03

Issue

Section

Articles