PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Authors

  • Ari Cahyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syadeli Hanafi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Media Pembelajaran, Mobile Learning, Sistem Pernapasan Manusia

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini membuat perubahan terhadap media pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP, serta untuk mengetahui kelayakan berdasarkan evaluasi dari uji ahli. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan dengan model 4D (define, design, develop, dessiminate). Metode perolehan data melalui angket penilaian uji kelayakan. Alat untuk menilai kelayakan media pembelajaran mobile learning berbasis android melalui angket dengan empat kategori aspek yaitu materi, penyajian, efektivitas dan kegrafikaan dengan skala likert 1 sampai 5. Mobile learning berbasis android diuji oleh dosen IPA UNTIRTA sebagai ahli materi, dosen multimedia UNTIRTA sebagai ahli media dan guru IPA sebagai ahli pembelajaran. Teknik pengolahan data yang diperoleh diinterpretasikan ke dalam kriteria penilaian uji kelayakan. Hasil uji kelayakan mobile learning berbasis android memperoleh nilai rata-rata 82,6% dari skor maksimal 100% yang berarti sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android dapat menjadi salah satu media yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia.

References

Fernandez, G. J., & Saturti, T. I. A. (2017). Sistem Pernafasan. Histologi Dasar, 1102005203, 335–355. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/385d7b9c6a60947ff4f1884689a41ae8.pdf

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165–172.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Kafah, A. K. N., Nulhakim, L., & Pamungkas, A. S. (2020). Development of video learning media based on powtoon application on the concept of the properties of light for elementary school students. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 34–40. https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.6825

Nulhakim, L. (2016). MOBILE LEARNING IN TEACHER EDUCATION PROGRAM (p. 424).

Nurani, M. A. (2017). BOOK_Tritjahjo Danny_Asesmen Non-tes dalam Bimbingan dan Konseling_Bab 10.pdf (pp. 64–100).

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Saefullah, A., Guntara, Y., & Nulhakim, L. (2020). Reconstruction of Teaching Materials with Socio-Scientific Issues Context on Source of Energy Content. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012022

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Media Pembelajaran. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April).

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Downloads

Published

2022-10-24

Issue

Section

Articles