PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SOFT SKILL MAHASISWA

Authors

  • Hasrat A Aimang Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Abd Kadim Masaong Universitas Negeri Gorontalo
  • Anshar Made Universitas Negeri Gorontalo
  • Ikhfan Haris Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Panai Universitas Negeri Gorontalo
  • Arwildayanto Arwildayanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Novianty Djafri Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Mahasiswa, Pembelajaran, Soft Skill

Abstract

Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam menjadikan mahasiswa yang memiliki soft skill, pengembangn soft skill dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan baik melalui integrasi ke dalam kurikulum dan kegiatan, kegiatan kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran soft skill mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Luwuk, dengan pendekatan penelitian menggunakan kualitatif diskriptif, melalui observasi, wawancara studi dokumentasi, data yang diperoleh disimpulkan. berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran soft skill mahasiswa sudah dilakukan namun masih dalam pelaksanaan pendekatan konfensional atau kesepakatan. Pengembangan soft skill mahasiswa dengan prioritas pengembangan agar mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan dilakukan dengan pendekatan model pembelajaran yang dapat mensinergikan antara hard skill dan soft skill.

References

Aly, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 18–30. https://doi.org/10.23917/ishraqi.v1i1.2926

Andi Hidayat Muhmin. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah Indonesia, 15(2).

Ansar, A. S. I. H. (2018). Assessing Soft Skills of Undergraduate Students : Framework for Improving Competitiveness, Innovation and Competence of Higher Education Graduates. Studia Humanitatis, 1.

Aries Tika Damayani, M. N. A. (2013). Fungsi dan Pengembangan Kurikulum. Prosiding Seminar Nasional, 59–66.

Firdaus. (2017). Urgensi Soft Skills dan Character Building Bagi Mahasiswa. Jurnal Tapis, 13(1).

Muhammad Untung Manara. (2014). Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1).

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Sailah, I. (2010). Pengembangan Soft Skills dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Direktorat Akademik, Direktorak Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-03-27

Issue

Section

Articles