PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 1 DONGGULU

Authors

  • Azizah Thalib Universitas Tadulako
  • Kasmudin Mustafa Universitas Tadulako
  • Sinta Reski Universitas Tadulako

Keywords:

Group Investigetion (GI), Media Konkrit, Hasil Belajar IPA

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa kurang aktif, pembelajaran tidak menyenangkan dan kurangnya penggunaan alat atau media yang konkrit dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigetion (GI) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Donggulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Rata-rata hasil belajar tes awal 43.4667 dengan standar deviasi 10.73623 dan rata-rata tes akhir 68.0667 dengan standar deviasi 9.88120. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Donggulu..

References

Aini, S., Asran, M & Abdussamad. (2015). Penggunaan Media Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(6): 1-14.

Azizah. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group InvestigationTerhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhamadiyah Karangharjo. Skripsi, Program Strata Satu, Universitas Muhamadiyah Malang. Dipublikasikan.

Azizah & Winarti, P. (2016). Pengaruh Metode Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3 (1): 1-9.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pretest Dan Posttest Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 1(2): 81-88.

Hariyanto. (2016). Pengaruh Penggunaan Benda Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SD Negeri Gugus Kolopaking. Skripsi, Program Strata Satu, Universitas Negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.

Irawan, F. J. & Ningrum. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Siswa Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Metro TP 2015-2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 4 61–68.

Maswar. (2017). Analisis Statistik Deskriptif Nilai UAS Ekonomitrika Mahasiswa Dengan Program SPSS 23 & EVIEWS 8.1. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2):273-292.

Mitta, P. P. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3): 231-238.

Musdar, Muliyati, & Herlina. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SDN 18 Sojol. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 8(2): 109-122.

Peraturan Mendikbud. (2014). Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum. http://pgsd.uad.ic.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Rahayuni, K. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi . 4(2).

Wisudawati & Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyanto & Prasetyo. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3, 120.

Wulandari & Siti. (2017). Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Menggunakan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. E-Jurnalmitrapendidikan, 1, 591.

Wibawati, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Klasifikasi Melalui Media Benda Konkrit Pada Anak Kelompok AI Di RA Al Husna Pakualaman Yogyakarta. Skripsi. Program Strata Satu, Universitas Negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles