ANALISIS MODEL SISTEM PENILAIAN KINERJA GURU SMP NEGERI SE KECAMATAN LIMBOTO

Authors

  • Frista Iin Wahyuni Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Dini Ariyasanti Universitas Bina Mandiri Gorontalo
  • Imam Mashudi Universitas Bina Mandiri Gorontalo http://orcid.org/0000-0001-9816-0704

Keywords:

Model, Rating System, Performance

Abstract

Salah satu program peningkatan kualitas dalam bidang pendidikan ialah pelaporan program penilaian kinerja guru (PKG) yang berfungsi untuk menilai kemampuan guru, dan untuk menghitung angka kredit guru atas kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisa Model Sistem Penilaian Kinerja Guru SMP Negeri Se Kecamatan Limboto, dan 2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi sistem penilaian kinerja guru SMP Negeri Se Kecamatan Limboto. Dalam pelaksanaanya Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara melalui google. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Milles dan Huberman yang terdiri dari 3 proses yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model sistem penilaian kinerja guru di SMP Ngeri se Kecamatan Limboto dilakukan dengan 2 (dua) model yaitu Sistem kinerja menggunakan aplikasi e-kinerja khusus untuk ASN secara daring dan Sistem kinerja secara manual yang dipenilaiannya dilakukan oleh kepala sekolah. 2) Terdapat 2 (dua) faktor yang mempengaruhi sistem penilaian kinerja Guru yaitu faktor individu dan faktor jaringan internet.

References

Ahmad, L. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 133–142. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133

Bone, A. A., Rachman, A., & Mashudi, I. (2021). the Teacher Performance Appraisal System in Improving Teachers Performance in Limboto District. Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Publik., 4(1), 30–40.

Gustiawati, R. (2015). Pengaruh sistem Penilaian Kinerja dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi kerja dan Dampaknya Kepada kinerja Guru di SMA. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(November), 170–187.

Mashudi, I. (2021). Dampak Komitemen dan Budaya Mutu Terhadap Kinerja Guru.

Negara, B. K. (2017). Buku Panduan E-Kinerja Daily Evaluation System.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (3rd ed.). Alfabeta.

Wekke, A. Q. M. dan I. S. (2013). Model Penilaian Kinerja Guru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2022-02-16

Issue

Section

Articles