PEMBINAAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK SKB KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Nilai-nilai yang akan diterapkan pada pembinaan kompetensi kewirausahaan peserta didik SKB Kota Gorontalo, 2) Strategi pembinaan kompetensi kewirausahaan peserta didik SKB Kota Gorontalo, 3) Kendala-kendala yang ditemui dalam pembinaan kompetensi kewirausahaan peserta didik SKB Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian eskplanatori. Penelitian eksplanatori bersifat mendasar dan bertujuan untuk memperoleh keterangan, informasi, data mengenai hal-hal yang belum diketahui. Karena bersifat mendasar, penelitian ini disebut penjelajahan (eksploration). Penelitian eksplanatori dilakukan apabila peneliti belum memperoleh data awal sehingga belum mempunyai gambaran sama sekali mengenai hal yang akan diteliti. Penelitian eksplanatori tidak memerlukan hipotesis atau teori tertentu. Peneliti hanya menyiapkan beberapa pertanyaan sebagai penuntun untuk memperoleh data primer berupa keterangan, informasi, sebagai data awal yang diperlukan.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa nilai-nilai kewirausahaan yang diterapkan di SKB Kota Gorontalo seluruhnya berada pada kategori baik. Nilai yang diterapkan adalah nilai kemandirian, kreatif, berani mengambil resiko, berorientasi pada tindakan, kepemimpinan dan kerja keras. Strategi pembinaan kewirausahaan di SKB Kota Gorontalo berada pada kategori baik. Pembinaan kewirausahaan dilakukan melalui pengembangan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan kegiatan esktrakurikuler.
References
Adi, Isbandi Rukminto. 2004. Psikologi Pekerja sosial dan ilmu kesejahteraan sosial, dasar-dasar pemikiran, Jakarta: PT.Raja Grafindo
Badudu, Zain. 2002. Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers. Mardalis
Bloom, Benyamin S. 2003. Taxonomy of Educational Objective: Handbook 7. Cognative Domain. Longman. New York.
Brown, L. B. 1998. Applyng Constructivism in Vocational and Career Education. Columbus: ERIC.
Brown, L. B. 1998. Applyng Constructivism in Vocational and Career Education. Columbus: ERIC.
Bygrave, L. and McConnell, C. 2006. Community Education and Community Deffietopmenf, Dundee: Dundee College of Education.
Connor, Helen. 2000. Human Resource Management. Eighth Edition. McGraw Hill Inc
Cracklin, MC., J. & Carroll, A. 2008. The Competent Use of Competency-Based Startegeis for Selection and Development Performance Improvement Quarterly. Volume II, Number 3. Diakses Dari: http./www.throughtspaceinc.com/pubs/compl/html.
Depdiknas, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pelayanan Profesional Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur Balitbang.
__________. 2008. Kewirausahaan (Enterpreneurship) dalam Pendidikan: Materi Pelatihan Calon Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Djojonegoro, Wardiman. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Jayakarta Agung.
Fayolle, Alain. (Eds). 2007. Handbook of research in entrepreneurship education, volume 1. UK: Edward Elgar Publishing.
Gerungan, W.A, 2006. Psikologi Sosial, Bandung. Eresco.
Ivancevich, John M. 2008. Human Resource Management. Tenth Edition. McGraw Hill Inc
Kemendiknas, 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter bangsa, (Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan) Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.
Lupiyoadi, Rambat. 2004. Entrepreneurship from Mindset to Strategy, Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung
Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Ghalia
Mathis, dan Jackson, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi pertama, Bandung : CV Pustaka Setia
Moerdiyanto dan Sunarto 2013 Asesmen Kompetensi Kewirausahaan peserta didiksekolah Menengah Kejuruan SMK Di Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morgan, Clifford T. 2006. Teori Psikologi Manajemen. Prentice Hall. New York.
Mulyana, Enceng. 2008. Model Tukar Belajar Learning Exchange dalam Perspektif Pendidikan Luar Sekolah PLS. Bandung: Alfabeta
Mulyasa, E., 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi,Bandung:Remaja. Rodaskarya
Mulyasa, E., 2005. Menjadi Guru Propesional. Remaja Rosdakarya. Bandung
Ornstein, Allan C. & Prancis P. Hunkins. 2008. Competency In The Work World. Prentice Hall of India.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan
Raelin, J. A. 2008. Work-Based Learning: Bridging knowledge and action in the worksplace. San Francisco: Jossey-Bass.
Rahayu, dkk., 2009, Cara Mengajar Sukses Kimia, PT. R Grafindo Persada,. Jakarta.
Riyanti, A. 2003. Upaya Penumbuhan Wirausaha Baru. Jurnal. Infokop Nomor 29 Tahun XXII, 2006. Jakarta.
Sarbiran. 2002. Pedoman Penelitian Tindakan Untuk Tenaga Kependidikan. Depdikbud. Jakarta.
Schang, 2007. Conceptual Integrated Science. San Francisco: Pearson Education Inc
Scholte. Jan Art. 2005. “Globalization: A Critical Introductionâ€. London; Palgrave Macmillan.
Setiawan, Yasin 2007. Perkembangan Kemandirian Seorang Anak, Indeks Artikel Siaksoft, 28 Juli 2007
Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Siagian, Sondang P. 2007. Manajemen Strategi. Jakarta: PT Prehallindo
Singh, Madhu. 1998. School enterprises: combining vocational learning with production. Germany: UNESCO.
Soeratno, dan Lincolin Arsyad, 1999. Metodologi Penelitian (Untuk Ekonomi & Bisnis). Yogyakarta: UUP AMP YKPN.
Stein, D. 1998. Situated Learning and Adult Education. ERIC Digest No. 195. Columbus: ERIC Clearinghouse on Adult, Career, and Vocational Education, Center on Education and Training for Employment, the Ohio State University. ERIC No. EJ. 461 126).
Stenström, M.L., Tynjälä, P. 2009. Towards Integration of work and learning: strategies for connectivity and transformation. Finland: Springer.
Sudjana. Nana 2007. Cara Belajar peserta didik Aktif. Bandung : CV. Sinar Baru
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung
Suparman, 2002. Ekonomi Lokal Dan Daya Saing Global. Jakarta: Bumi Aksara
Suparno. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional
Suryana, 2006, Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta Salemba Empat
_________. 2009. Kewirausahaan: pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, Hamzah B. 2006, Perencanaan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta
West, Michael A. 2000. Mengembangkan Kreativitas Dalam Organisasi, terjemahan, Kanisius, Yogyakarta.
Winkel, 2006. Psikologi Pengajaran, Jakarta, Grasindo
Yin, Robert. 2002. Studi Kasus (Desain dan Metode). Alih Bahasa oleh Djauzi Mudzakir. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Zainun, B. 2009. Manajemen dan Motivasi. Balai Aksara. Jakarta.