KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TERPADU WIRA BHAKTI GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa, 2) program kepemimpinan spiritual kepala sekolah untuk penguatan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo, 3) strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yang diterapkan di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, bertujuan menggambarkan, dan  mengungkapkan keadaan, peristiwa sebagaimana adanya dan mengungkapkan fakta dilapangan secara mendalam. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dapat dilihat dari 1) sumber-sumber yang membangun nilai-nilai karakter siswa terdiri dari agama, budaya, pancasila, tujuan pendidikan nasional dan kepemimpinan spiritual, 2) program kepemimpinan spiritual kepala sekolah untuk penguatan karakter siswa terdiri dari pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan siswa yaitu pembiasaan terjadwal, spontan dan insidental, 3) strategi pelaksanaan kepemimpinan spiritual kepala sekolah dalam penguatan karakter siswa yaitu dilihat dari keteladanan dan visi misi yang ada di sekolah.References
Aeni Ani Nur. 2014. Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1 Hal 50-58.
Arifin Imron. 2015. Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah Berbasis Moral Spiritual dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter.(Online).http://ap.fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/2015/04/28-imron-arifin-Kompetensi-Kepribadian-Kepala-Sekolah-Berbasis-Moral-Spiritual-dalam.pdf. diakses pada tanggal 25 Februari 2018
Baharuddin. 2017. Pendekatan Moral Spiritual Dalam Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan STKIP Muhammadiyah Enrekang. STKIP Muhammadiyah Enrekang. Volume 2 Nomor 1 Hal 29-42
Danim Sudarwan. 2012. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Gunawan Heri. 2014. Pendidikan Karakter. Bandung : Alfabeta
Kementrian Pendidikan Nasional .2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
Kurniawan Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Masaong Kadim. 2014. Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta
Mulyasa E 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta:PT Bumi Aksara
Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter
Rahmawati Anita. 2016. Model Kepemimpinan Spiritual dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan di BMT se-Kabupaten Pati. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam. STAIN KUDUS Vol 9 No 2 Hal 282
Suarga. 2017. Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Layanan Administrasi Pendidikan. Jurnal Idaarah. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Vol. I No. 1 Hal 23-33
Santosa Agus Dwi. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kemandirian Dan Disiplin Siswa Di Mtsn Kanigoro Kras Kab. Kediri. Didaktika Religia Alumni Pascasarjana STAIN Kediri. Vol 2 No.1 Hal 21-38
Santoso Budi. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hisbul Wathan. Istawa Jurnal Pendidikan Islam STKIP Muhammadiyah Sorong. Vol.3 No.1 Hal 88
Soliha Euis, Hersugondo. 2008. Kepemimpinan Yang Efektif Dan Perubahan Organisasi. Fokus Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang Vol. 7 No. 2 Hal 83-93
Sultoni Achmad. 2016. Pendidikan Karakter dan Kemajuan Negara: Studi Perbandingan Lintas Negara. JOIES: Journal of Islamic Education Studies Universitas Negeri Malang Vol 1 nomr 1 hal 186
Thayib dkk. 2013. Pengaruh Spiritual Leadership, Stres Kerja, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan dan Prestasi Kerja Social Worker Organisasi Sosial Di Surabaya Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 03 No. 01 Hal 1-16
Tobroni. 2015. Spiritual Leadership: A Solution Of The Leadership Crisis In Islamic Education In Indonesia. Britis Journal Of Education. Vol 3 No.11 Hal 40-53
Wahab Abd, Umiarso. 2017. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Wardani Kristi. 2010. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI.Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta . Hal 230-239
Widyarini Nilam. 2010. Kepemimpinan Spiritual Untuk Kejayaaan Indonesia. Jurnal Paramadina Edisi Khusus. Universitas Gunadarma Vol 7 No. 2 Hal 1-15