PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Peran Orang Tua, Hasil Belajar SiswaAbstract
Rendahnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya adalah hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Inpres 1 Donggulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas III, IV, dan V yang terdiri dari 41 orang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengetahui peran orang tua dan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh peran orang tua masuk dalam kategori sangat kuat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikan dengan taraf 5%Â yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD Inpres 1 Donggulu.
References
Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, & Sari, A. W. (2020). Aplikasi Model Pembelajaran Game ABC Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4): 898.
Budi. (2015). Peranan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Watuwali. Skripsi, Program Strata Satu, Universitas Tadulako. Palu. Tidak Dipublikasikan.
Gagaramusu, Y. (2013). Studi Analisis Antara Kemampuan Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran Guru SD di Kec. Palu Selatan. Elementary School of Education E-Journal, 1(2): 1.
Hamalik, O. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hasanah, N. (2016). Peranan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas III SDN 2 Kasimbar. Skripsi, Program Strata Satu, Universitas Tadulako. Palu. Tidak Dipublikasikan.
Iwan. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Demontrasi di Kelas IV SDN Kabonena. Skripsi, Program Srata Satu, Universitas Tadulako. Palu. Tidak Dipublikasikan.
Jimmi, V. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. Skripsi, Program Srata Satu, UIN Raden Fatah. Palembang. Dipublikasikan.
Murdiyanto, Y. (2017). Pengaruh Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak di Rumah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Terakreditasi A Gugus Gajah Mada Randublatung Blora. Skripsi, Program Srata Satu, Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga. Dipublikasikan.
Ningrum, L. K. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan. Skripsi, Program Srata Satu, Institut Agama Islam Negeri Lampung. Lampung. Dipublikasikan.
Nirwana, A. B. (2011). Psikologi Ibu, Bayi dan Anak. Yogyakarta: Nuha Medika.
Reskia, S., Herlina, & Zulnuraini. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Inpres 1 Birobuli. Elementary School of Education E-Journal, 2(2), 82.
Sudjana, N. (2011). Jenis-Jenis Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianti, I., Pujiastuti, W., & Rizal. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas IV SDN 1 Bale dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab. Elementary School of Education E-Journal, 2(1), 23.
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Hasil Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(23), 22–23.
Valeza, A. R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi, Program Srata Satu, Universitas Lampung. Lampung. Dipublikasikan