PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS, GEMAR MEMBACA, DAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pendidikan karakter, Religius, Gemar Membaca, Tanggung Jawab.Abstract
Pendidikan keluarga merupakan Lembaga Pendidikan yang pertama, proses pembentukan karakter-karakter terjadi akibat dari pembiasaan. Pembentukan kebiasaan akan lebih efektif bila didukung oleh sosok teladan yang dapat dijadikan panutan dalam kehidupan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pembentukan karakter gemar membaca, karakter religius dan tanggung jawab pada anak usia sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik non tes. Bentuk instrument yang digunakan berupa lembar observasi atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan anak-anak usia SD di lingkungan komplek perumahan kavling DPU Singocandi Kota Kudus dengan jumlah 12 orang. Alat ukur atau variable yang digunakan yaitu skala karakter religius, karakter gemar membaca, dan karakter tanggung jawab. Hasil penelitian ini yaitu karakter religius pada anak SD tergolong cukup tinggi. Untuk karakter gemar membaca sendiri masih tergolong sedang. Sedangkan untuk karakter tanggung jawab pada anak SD sudah tergolong tinggi.
References
Abu, Munawar. 2007. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahsanulkhaq, M. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.
Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta (30).
Ikhram, A., Jufri, M., & Ridfah, A. 2020. Mental Toughness dan Competitive Anxiety Pada Atlet Karate UNM. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 100. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5206
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Koesoema, D. 2007. Pendidikan karakter Strategi mendidik anak dijaman Modern. Jakarta: Grasindo h. 80.
Koesoema, D. 2013. Pendidikan karakter Strategi mendidik anak dijaman Modern. 53, 18–37.
Marimba, D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif, h.19.
Mitayeni, P. 2019. Tingkat Karakter Tanggung Jawab Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VIII SMP Santo Aloysius Turi Tahun Ajaran 2018/2019 dan Implikasinya pada. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nugroho, S. W. 2012. Statistik Pemuda Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Setiawati, Lis. 2015. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan, 16(1):65.
Subiyanti, S., & Artikel, I. (2020). Di Sekolah Dasar Berbasis Literasi. Universitas Muria Kudus, Indonesia Abstrak. 11(3).
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Ibid. h. 74.