PENGARUH KOMITMEN BERINOVASI TERHADAP BUDAYAMUTU DOSEN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK
Abstract
Keberadaan dosen menentukan mutu pendidikan dan lulusan suatu perguruan tinggi. Guna menjalankan pendidikan perguruan tinggi diperlukan dosen yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikasi agar terciptanya budaya mutu dosen itu sendiri. Budaya mutu dosen merupakan sistem makna bersama terhadap nilai-nilai primer yang dianut bersama dan dihargai organisasi. Keberhasilan perguruan tinggi dalam penciptaan budaya mutu ditentukan oleh komitmen berinovasi dosen berdasarkan bidang keahliannya sehingga melahirkan kompetensi profesional. Komitmen berinovasi menunjukkan suatu daya dari dosen untuk mengidentifikasikan keterlibatannya sebagai bagian sistem perkuliahan di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui komitmen berinovasi berpengaruh langsung terhadap budaya mutu pada dosen di Universitas Muhammadiyah Luwuk. Menggunakan metode survey kausal dengan model analisis jalur untuk menguji pengaruh langsung komitmen berinovasi terhadap budaya mutu dosen di Univeritas Muhammadiyah Luwuk. Sampel penelitian ini diambil secara proporsional secara random sampling berjumlah 67 responden dari 111 orang. Data hasil pengukuran variabel komitmen berinovasi dan budaya mutu dosen dikumpulkan melalui angket, observasi dan wawancara serta dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif budaya mutu dosen mencapai rata-rata 115 dan standar deviasi sebesar 11,84, dengan 24 orang (39%) memperoleh skor dibawah rata-rata, sebanyak 12 orang (18%) skor berada pada rata-rata dan sebanyak 31 orang (43%) memperoleh skor di atas rata-rata. Hasil variabel komitmen berinovasi diperoleh rata-rata sebesar 101,76 dan standar deviasi sebesar 11,60, dengan 30 orang (45%) memperoleh skor dibawah rata-rata, sebanyak 15 orang (22%) memiliki skor pada rata-rata dan sebanyak 22 orang (33%) mendapatkan skor di atas rata-rata. Hasil uji menunjukkan terdapat pengaruh langsung positif komitmen berinovasi terhadap budaya mutu dosen di Universitas Muhammadiyah Luwuk. Terciptanya budaya mutu perguruan tinggi dipengaruhi adanya komitmen berinovasi dosen berdasarkan bidang keahliannya.
Kata Kunci: Komitmen Berinovasi, Budaya Mutu Dosen dan Pengaruh Komitmen Berinovasi terhadap Budaya Mutu Dosen.
References
Davis, A., 2004. Managing Corporate Culture. Cambridge, MA: Belinger.
Gibson, James L., John M. Ivancevich dan James H. Donnelly, Jr. 2006. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Alih Bahasa Nunuk Adiarni, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.
Griffin, Jill. 2008. Costumer Loyalty How to Earn it, How to Keep it. Lexington Books: Singapore.
Luthans, Fred. 2008. Organization Behavior. International Edition, Sixth Edition, Mc Graw-Hill, Singapore.
Robbin, Stephen, P. 2001. Prinsip-Prinsip Prilaku Organisasi, Edisi Ke Lima, Jakarta Erlangga.
Siagian, Sondang, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Askara.
Stoner, James A. F. dan Edward Freeman, Daniel R. Gilbert, Jr. 2006. Manajemen. Edisi Indonesia, Alih Bahasa Alexander Sindoro, PT. Prehallindo, Jakarta.
Sudiatmi Titi. 2012. Pengaruh Komitmen Pada Profesi Dan Dukungan Organisasional Terhadap Motivasi Berprestasi Dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Sukoharjo. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.
………….., 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
Yuwono, I dkk. 2005. Psikologi Industri dan Organisasiâ€.Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.