STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA PASCA PERUBAHAN MENJADI UNIVERSITAS PADA UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

Authors

  • Adnan Hasan Universitas Muslim Maros
  • Nur Asia Hamid Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v3i2.435

Keywords:

Strategi Promosi, Iklan, Personal Selling, Publisitas, Word of Mouth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Universitas Muslim Maros dalam meningkatkan jumlah mahasiswa. Universitas Muslim Maros adalah Universitas yang belum lama berubah dari gabungan tiga Sekolah Tinggi. survey awal menemukan bahwa strategi promosi yang dilakukan adalah strategi Iklan, Personal Selling, Publishitas, dan Word of Mouth. Hasil penelitian ini akan berkontribusi terhadap kekayaan data dan informasi sebagai upaya pengembangan strategi promosi dalam penerimaan mahasiswa tahun selanjutnya. Target khusus dalam penelitian ini yakni menjadi referensi atau rekomendasi atas pentingnya strategi dalam proses penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi yang mengalami perubahan nama institusi. Metode yang digunakan yakni metode observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil uji parsial menunjukkan variabel Word Of Mouth memiliki pengaruh yang paling signifikan yaitu 7.214. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel iklan (X1), Personal Selling(X2), Publishitas(X3), Word Of Mouth (X4)  mempengaruhi variabel keputusan mahasiswa dalam memilih UMMA (Y) sebesar 48,33%        

References

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT.Indeks Kelompok Gramedia.

Buchari Alma, 1991, Strategi Alternatif Perguruan Tinggi Swasata (PTS) dalam Menarik Calon Mahasiswa: Desertasi, FPS IKIP Jawa Barat

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12thEdition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi(Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

Tjiptono, Fandi, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andy : Yogyakarta

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Pujiyanto. 2003. Strategi Pemasaran Produk melalui Media Periklanan. Malang: http://puslit.petra.ac.id/journals/ ISSN:96-109

Jefkins, Frank, 1997, Periklanan. Jakarta: Erlangga,.

Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Periklanan – Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Paul, J. Peter dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

William G. Nickels, 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Basu, Swastha DH., Irawan) Yogyakarta: Liberty Offset

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT IndeksKelompok Gramedia.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., and François Marticotte. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), hal. 5–23.

Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Ujang Sumarwan, Prilaku Konsumen, Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, Cet 1, 2013), 318

Published

2020-01-28

Issue

Section

Articles