PENGARUH PENILAIAN PELANGGAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PETERNAK PENGGUNA PAKAN LOKAL

Authors

  • Marlia Rianti Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v5i1.989

Keywords:

Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penilaian pelanggan  dan kepuasan terhadap loyalitas peternak dalam menggunakan pakan lokal di Kabupaten Bone.  Desain penelitian deskriptif dan ekspalanatif, dilakukan selama 2 bulan, Mei sampai Juni 2020. Populasi penelitian sebanyak  170 orang.  Sampel dipilih secara acak sederhana dan berdasarkan tabel Issac dan Michael sebanyak 139 orang.   Data dianalisis dengan menggunakan structural equation modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  customer Value  berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang terlihat dari koefisien jalur yang bertanda positif sebesar 0,37 dengan  nilai t value 2,155 > 1,96.  Variabel yang  berkontribusi terbesar terhadap pembentukan customer value adalah tujuan penggunaaan pakan lokal oleh peternak, dengan besar loading factor sebesar 0,62. Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan  yang terlihat dari koefisien jalur yang bertanda positif sebesar 0,60 dengan  nilai t value 2,536 > 1,96.  Variabel yang berkontribusi terhadap pembentukan variabel laten customer satisfaction adalah keandalan pakan lokal dengan loading factor sebesar 0,83.

Author Biography

Marlia Rianti, Universitas Muhammadiyah Bone

Management

References

Anderson,E,Fornell and Lehman,D.R. 1994.Customer Satisfaction, Market Share and Profitability. Journal of Marketing. Vol 58. July pp 53-66

Aritonang, L.R. 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Assael, H. 1995. Customer Behaviour and Marketing Action, Ninth Edition, Kent Publishing Company, Boston.

Denove,C dan Power IV,J.D. 2005. Satisfaction, Bagaimana Setiap Perusahaan Hebat Mendengarkan Suara Konsumennya. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Foster, B. 2006. Pengaruh Kinerja Bauran Penjualan Eceran dan Hubungan Pelanggan terhadap Ekuitas Merek serta Dampaknya terhadap Keunggulan Bersaing dan Loyalitas Pelanggan Depertement Store di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Petra Vol 7 Nomor 1 Maret 2006: 1-6.

Griffin, Jill. 2004. Customer Loyalty : How to Earn It, How to Keep It. USA : A Division of Simon and Schuker Inc.

Hannah,Mack and Peter Karp. 1991. Customer Satisfaction : How to Maximaze, Measure and Market Your Company Ultimate Product. New York: American Manajemen Assosiation.

Jones,Thomas and W.Earl Sasser.Jr. 1994. Marketing. Second Edition. Mc.Graw Hill Inc, USA.

Kandampully,J dan Suhartanto. 2000. Customer Loyalty in The Hotel Industry : The Role of Customer Satisfaction and Image. International Journal of Contemporary Hospitally Management. Vol 12 pp 346-351

Meirina, Rezki. 2008. Pengaruh Customer Value terhadap Loyalitas Pelanggan Simpati di Grapari Telkomsel Bandung. Jurnal Manajemen Petra. Edisi XII, P.1-15.

Musanto,Trisno. 2007. Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada CV.Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen Petra. Edisi V Online, P.31-45.

Palilati, A. 2004. Pengaruh Tingkat Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Wilayah Etnik Bugis. Jurnal Analisis Volume 1 Nomor 2, Maret 2004 :65-74.

, 2007. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 9 No.1, Maret 2007:73-81.

Rasyaf. 2000. Metode Kuantitatif Industri Ransum Ternak, Program Linear Jilid I. Yogyakarta : Kanisius.

. 2001. Bahan Makanan Unggas Di Indonesia. Jakarta : Penebar Swadaya.

. 2002. Manajemen Peternakan Ayam Petelur. Jakarta : Penebar Swadaya.

Sari, E.T. 2006. Peranan Customer Value dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Resoran Cepat Saji. Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol.2, No.2 September 2006 :68-75.

Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sitinjak, dkk. 2008. Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Superior Customer Value. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Soekartawi, 2001. Pengantar Agroindustri. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

, 2005. Agribisnis, Teori dan Aplikasinya. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Solimun. 2000. Analisis Jalur dan SEM. Jakarta : FMIPA UI.

Subana. 2002. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Pustaka Setia, Bandung.

Sugiharto, Yohanes. 2007. Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Visi, Edisi XVII/2007. p 52 – 64.

Suharno, B. 2001. Kiat Sukses Berbisnis Ayam. Jakarta : Penebar Swadaya.

Supranto, J dan Limakrisna,N. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Woodruff,R.B. 1997. The Next Source for Competetive Advantage. Journal of the Academy of Marketing Science, 25 (2) pp 135-158.

Published

2021-10-10

Issue

Section

Articles