ANALISIS PERSEPSI HARGA, SUASANA CAFE DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ZERO CAFE MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v4i2.762Keywords:
Harga, Suasana Cafe, Pelayanan, Loyalitas, Zero Cafe MakassarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh persepsi harga, suasana cafe dan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Zero Cafe Makassar. semakin banyaknya pengusaha yang berinvestasi pada sektor usaha cafe membuat jenis usaha ini semakin kompetitif. survey awal menemukan bahwa loyalitas pengunjung Zero Cafe Makassar dipengaruhi banyak faktor, diantaranya persepsi harga, suasana cafe dan pelayanan . Hasil penelitian ini akan berkontribusi terhadap kekayaan data dan informasi sebagai upaya pengembangan strategi pemasaran dalam upaya pencapaian loyalitas konsumen. Target khusus dalam penelitian ini yakni menjadi referensi atau rekomendasi atas pentingnya strategi harga, suasana cafe dan pelayanan dalam menciptakan daya saing usaha. Metode yang digunakan yakni metode observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil uji parsial menunjukkan variabel pelayanan memiliki pengaruh yang paling signifikan yaitu 6,234. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel persepsi harga (X1), suasana cafe (X2), pelayanan (X3) mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan Zero Cafe Makassar (Y) sebesar 38,907%References
Andri Donnal Putera. 2018. BPS: Kuartal I 2018, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,06 Persen", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/07/113925626/bps-kuartal-i-2018-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-506-persen.
Idris Rusadi Putra. 2016. (https://www.merdeka.com/uang/menjamurnya-bisnis-cafe-di-tanah-air.html).
Maria Claudia. 2017. Analisis Pengaruh Harga, Atmosfer Toko, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Malalui Kepuasan Pelanggan. (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Sanata dharma Pelanggan McDonald’s Jl. Jenderal Sudirman No.38, Yogyakarta), Jurnal Universitas Santa Dharma Yogyakarta (2017).
Heryani , Yukhebeth, Yulita. 2014. pengaruh kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap pembelian ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. 2014
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga.
Aryani, Dwi & Rosinta, Febrina. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi Jurnal Ilmu Adiinistrasi dan Organisasi. Vol 17, No.2
Moses, Brando & Budiastuti, Dyah. (2012). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Ulang. Jakarta.
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Bisnis.Alfabeta, Bandung.
Risko Putra, Sri Suryoko, Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Denggan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. (Studi pada Pelanggan Sriwijaya Air Rute SemarangJakarta). Jurnal Universitas Diponegoro, Yogyakarta (2016).
Santika Devi, Pengaruh Store Atmosphare Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.(Survei Pada Pelanggan Cafe OTW Food Street Malang). Jurnal Universitas Brawijaya Malang (2017).
Julisal dan Randi Ilham, Pengaruh Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe “Kupu Bistro†Bandung, (2016).
Jewel Dela Novixoxo, P. F. (2018). The Influence of Price on Customer Loyalty in the Retail Industry (Vol. 4). Dubai, United Arab Emirates: Scholars Middle East Publishers.
Hendra Winarjo, E. J. (2017). Pengaruh Food Quality dan Atmosphere terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Cafe Intro di Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra.