PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v4i2.606Keywords:
Pendidikan kewirausahaan, Minat BerwirausahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menemukan pengaruh  pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk, tujuan jangka panjang, menemukan metode pembelajaran yang efektif mendorong minat berwirausaha mahasiswa berbasis hasil evaluasi pendidikan kewirausahaan dan berkontribusi pada upaya eliminasi pengangguran terdidik. Kuesioner disebar kepada 115 mahasiswa yang telah lulus mata kuliah kewirausahaan, terdiri dari 61 orang program studi Manajemen dan 54 orang Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Luwuk, kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan Regresi Linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Minat mahasiswa Fakultas Ekonomi universitas Muhammadiyah Luwuk sangat tinggi untuk berwirausaha, terutama sangat berminat untuk memulai usaha dalam waktu dekat. Indikator pendidikan kewirausahaan yang paling menonjol mendorong minat berwirausaha adalah adanya praktek lapang kewirausahaan dan tugas-tugas yang diberikan dosen, dibandingkan dengan materi kuliah dan keaktifan di kampus.
References
Alma, B., (2013). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum, Alfabeta, Bandung.
Budiati, Y., Yani, T.E., Universari, N., (2012). Minat mahasiswa menjadi wirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosbud Vol 14 No 1 Juni 2012 Halm 89-101
Cuong Nguyen, (2017). Entrepreneurial intention of international business students in Viet Nam: a survey of the country joining the Trans-Pacific Partnership. Journal of Innovation and Entrepreneurship 23 March 2017 https://innovation-entrepreneurship. springeropen.com /articles/10.1186/s13731-017-0066-z
Hattab, H.W., (2014). Impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions of university students in Egypt. The Journal of Entrepreneurship vol 23, issue 1, 2014 http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0971355713513346
Jang, Y., (2013). Modelling student entrepreneurship. a longitudinal study. Journal of Entrepreneurship Education. 16 (Special Issue) 93-115.
Lestari, R.B., dan Wijaya, T., (2014). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. http://eprints.mdp.ac.id/672/1/6.Pengaruh%20Pendidikan%20Kewirausahaan%20Terhadap%20Minat%20Berwirausaha%20Mahasiswa%20di%20STIE%20MDP,%20STMIK%20MDP,%20dan%20STIE%20MUSI%20. pdf
Li, W., (2006). Entrepreneurial intention among international students: Testing a model of entrepreneurial intention, http://usasbe.org/knowledge/proceedings/proceedingsDocs/USASBE2006proceedings-Li%20-%20internat.pdf
Olszewska, A., (2015). Students’ perceptions and attitudes towards entrepreneurship, a cross program and cross cultural comparisons. Journal of Social Sciences (COES &RJ-JSS) Vol.4 No.1 pp: 597-610. http://www.centreofexellence.net/J/JSS/JSS Mainpage.htm
Putra, R.A., (2014). Faktor-faktor penentu minat mahasiswa manajemen untuk berwirausaha (Studi Mahasiswa Manajemen FE Universitas Negeri Padang).
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/viewFile/45/33
Praswati, A.N., (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha di kalangan mahasiswa, Studi kasus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional dan Call For Paper (Sancall 2014) Research Methods and Organizational Studies, ISBN:978-602-70429-1-9 Halm 134-142.
Sinarasri, A., Hanum, A.N., (2014). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/528/ 577
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabet Bandung, cetakan ke 15
Wahyudi, S., (2012). Entrepreneurial Branding and Selling Road Map Menjadi Entrepreneur Sejati. Graha Ilmu, Yogyakarta