ANALISIS PENGARUH PRESTASI KERJA KARYAWAN TERHADAP PROMOSI JABATAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • JURTAN LATUBA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai
  • IRWAN MORIDU Fakultas Ekonomi dan Bisnis UML

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v1i2.35

Keywords:

Prestasi Kerja, Promosi Jabatan

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Banggai dituntut untuk memberikan kinerja yang optimal dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah. Untuk mencapai efektivitas dalam melaksanakan tugas, karyawan perlu memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugas dan organisasi. Komitmen karyawan terhadap organisasi akan meningkatkan tanggung jawab dan kesungguhan karyawan dalam melaksanakan tugas. Karyawan dengan komitmen kerja yang tinggi akan bekerja sepenuh hati dan akan berjuang demi meingkatkan prestasi kerjanya. Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Banggai akan memiliki prestasi kerja yang lebih tinggi ketika bekerja, lebih optimal kinerjanya, efisien dan efektif dalam menghadapi dan menyelesaikan pekerjaannya. Dengan tingginya prestasi kerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Banggai maka pimpinan dapat mengetahui seberapa mampu karyawan mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Dengan demikian instansi dapat menentukan balas jasa yang layak baginya.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah prestasi kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap promosi jabatan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Banggai.Target peneltian ini diharapkan Mendapatkan pengetahuan secara mendetail terkait tentang Promosi jabatan yang terjadi pada lingkup Perusaahan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Banggai. Serta Mendapatkan pengetahuan lebih terperinci terkait tugas dan tanggungjawab yang ada pada seorang yang mendapatkan Promosi jabatan dri hasil Prestasi kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode empiris dengan menggunakan populasi dan sampel dengan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari perusahaan dalam bentuk angka-angka.

References

Algifari. (2002). Analisis Regresi, Teori, Kasus & Solusi. BPFE UGM, Yogyakarta.

Arikunto, S., (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, cetakan kelima, PT. Bina Aksara, Jakarta.

As'ad M. (2005). Psykologi SDM. Liberty, Edisi Revisi, Yogyakarta.

Dharma, Agus, (2005). Gaya Kepemimpinan yang Efektif bagi Manager, Edisi Kedelapan, Penerbit CV. Sinar Baru, bandung

Flippo, E.B., (2001), Manajemen SDM, Cetakan Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Hasibuan, Melayu, SP., (2006),Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta

Heidrahman dan Suad Husnan, (2005), Manajamen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, STIE YKPN, Yogyakarta

Moekijat (2004). Manajemen Personalia Edisi 3. Yogyakarta : BPEE.

Nitisemito, Alex. S. (2002), Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta

Rao, TV, (2001). Performance Appraisal Theory and Practice. Diterjemahkan oleh L. Mulyana, Penilaian Prestasi Kerja: Teori dan Praktek, seri Manajemen No. 125, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

Sedarmayanti, (2006), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Penerbit PT. Rineka Cipta.

Samsudin (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu

Siagian, Sondang P., (2000), Teori, Motivasi dan Aplikasinya, Cetakan Kelima, Rineka Cipta, Jakarta

Syarif, Rusli, (2003), Teknik Manajemen Latihan dan Pengembangan, Edisi Kelima,Angkasa, Bandung

Sugiyono, (2005). Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Kedua. Penerbit CV. Alpha Beta. Bandung.

Wayne, (2002), Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia, Alih Bahasa Alexander Sindoro, Prenhallindo Jakarta

Published

2018-01-10

Issue

Section

Articles