HUBUNGAN CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OUTDOOR DI KOTA LUWUK

Authors

  • SRI WAHYUNI SALATUN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai
  • NURHIDAYAH LAYOO Fakultas Ekonomi dan Bisnis UML

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v1i2.34

Keywords:

Citra merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Produk Outdoor

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah citra merek dan kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Outdoor di Kota Luwuk. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli produk outdoor, sampel diambil secara incidental sampling di sebuah toko khusus penjualan produk outdoor dan diperoleh 50 orang responden. Data yang dijaring melalui kuesioner dianalisis secara deskriptif dan statistik regresi linear berganda melalui program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan variabel citra merek, dan kualitas produk secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Outdoor di Kota Luwuk, koefisien korelasi 0,940 yang berarti hubungan antara citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sangat kuat. Sedangkan koefisien determinasi 0,878 dapat diartikan bahwa variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh citra merek dan kualitas produk sebesar 87,8 %, sedangkan sisanya sebesar 12,2 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

References

Dinawan. (2010). Kualitas Produk : alat Strategi yang Penting. Free Press. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Duwi, Priyatno. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Mulivariate dengan SPSS. Gavamedia:Yogyakarta

Fianto, Ahmad Y.A., Hadiwidjoyo, Djumilah., Aisjah, Sitti (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behavior Through Brand Trust. Business Management and Strategy Volume 5 (2) pp 58-76

Kunaifi, Dede Aang. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Eiger Di Surakarta. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall. Jakarta

Kotler dan Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. PT Indeks: New Jersey

menggunakan produk tersebut, sedangkan kualitas produk akan memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi konsumen.

PENUTUP

Simpulan

Dapat disimpulkan sebagai berikut :

Berdasarkan uji parsial bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Outdoor di Kota Luwuk

Berdasarkan uji parsial bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Outdoor di kota Luwuk

Dari hasil pengujian secara simultan bahwa citra merek dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Outdoor di Kota Luwuk

Saran

Disarankan kepada Outdoor Store selalu menjadi sponsor dari kegiatan-kegiatan, untuk mempertahankan ataupun meningkatkan citra merek dari produk Outdoor sendiri agar konsumen selain lebih mengenal aneka produk Outdoor juga dapat mengetahui kualitas produk dari outdoor. Dan perlu penelitian lebih lanjut dengan memasukan variabel independen selain citra merek dan kualitas produk.

DAFTAR PUSTAKA

Dinawan. (2010). Kualitas Produk : alat Strategi yang Penting. Free Press. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Duwi, Priyatno. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Mulivariate dengan SPSS. Gavamedia:Yogyakarta

Fianto, Ahmad Y.A., Hadiwidjoyo, Djumilah., Aisjah, Sitti (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behavior Through Brand Trust. Business Management and Strategy Volume 5 (2) pp 58-76

Kunaifi, Dede Aang. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Eiger Di Surakarta. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall. Jakarta

Kotler dan Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. PT Indeks: New Jersey

-------------. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium di terjemahkan Benyamin Molan. PT. Prenhallindo : Jakarta

-------------. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid Terjemahan: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Saharudin, M.R., Mansor S.W.,Hassan A.B.,Omar M.W., Harun E.H.(2011). The Relationship Product Quality and Purchase Intention: The Case of Malaysiaâ€s National Motorcycle/Scooter Manufacturer. African Journal of Business Management Volume 5 (20) pp 8163-8176

Saleem, Asma., Ghafar, Abdul., Ibrahim, Muhammad., Yousuf, Muhammad., Ahmed, Naveed (2015). Product Perceived Quality and Purchase Intention with Consumer Satisfaction. Global Journal of Management and Business Research: Marketing. Volume 15 (1).

Santoso, Singgih. (2001). Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Elek Media Komputindo

Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Indeks Gramedia

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013) Statistika untuk Penelitian. CV.Alfabeta : Bandung

Tjiptono, Fandy. (2011).Pemasaran Jasa. Bayumedia:Malang

Terence A. Shimp. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi V. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Wang, Ya Hui., Tsai, Cing Fen (2014). The Relationship between Brand Image and Purchase Intention : Evidence From award Winning Mutual Funds. The International Journal of Business and Finance Research Volume 8 (2) pp 27-40

Published

2017-12-01

Issue

Section

Articles