PERSEPSI KARYAWAN TENTANG CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v6i2.2204Keywords:
Corporate Social Responsibility (CSR), Persepsi KaryawanAbstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang memberikan kepedulian sosial perusahaan dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Sudah banyak studi terkait dampak CSR terhadap naiknya citra positif perusahaan di masyarakat maupun dampak positifnya bagi kemajuan sosial masyarakat dan lingkungan hidup. Namun jarang perhatian yang diberikan untuk melihat dampak CSR bagi lingkungan intern perusahaan, khususnya karyawan. Padahal CSR juga mengambil peran yang tidak kecil dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan melalui rasa memiliki yang tinggi yang diakibatkan oleh rasa bangga terhadap kontribusi perusahaan bagi kemajuan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengelaborasi persepsi karyawan terhadap program CSR perusahaan dan kaitannya dengan identifikasi mereka terhadap perusahaan. Jumlah partisipan adalah 19 orang karyawan dari perusahaan yang bekerja di Kalla Group. Kuesioner dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya rasa bangga terhadap kontribusi positif perusahaan bagi masyarakat luas dan menjadi nilai positif karena menjadi bagian dari perusahaan yang dapat dibanggakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut program CSR menurut persepsi karyawan dianggap penting dan bermanfaat sehingga kedepan program-program semacam itu harus terkonsep dengan baik dan berkesinambungan sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan dimata masyarakat.References
Apriani, F. (2014). Berbagai Perspektif mengenai Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Jurnal Fessospol, 2(1), 10–19.
Bisnis.com. (2022). Yayasan Hadji Kalla Targetkan Akan Kuncurkan Dana CSR Senilai Rp45 Miliar Pada Tahun Ini. Bisnis.Com.
Ernawan, E. R. (n.d.). Tanggung jawab sosial perusahaan ( corporate social responsibility ).
Indonesia, P. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. 7(3), 213–221.
Madi, M. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Yayasan Hadji Kalla Terhadap Masyarakat Kota Makassar. Skripsi.
MakassarTerkini.id. (2022). Yayasan Hadji Kalla Salurkan Dana CSR ke 4 Sektor Sepanjang Tahun 2022. MakassarTerkini.Id.
Muhammad, A. (2017). IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) YAYASAN KALLA GROUP MELALUI KURSUS MENJAHIT DI PERUMAHAN BUKIT BARUGA KELURAHAN ANTANG KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR. Skripsi, 6–18.
Talitha Amadea, C., & Dahesihsari, R. (n.d.). Corporate Social Responsibility: Tinjauan Dari Sisi Karyawan. 65–79.
Titin, H., & Zunaidah. (2013). ANALISIS PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(DIVERSITY & EMPLOYEE SUPPORT) TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT. BATU RONA ADIMULYA). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 11(2).
Van Knippenberg, D., & Van Schie, E. C. M. (2000). Foci and correlates of organizational identification. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 73, 137–147.
Yayasanhadjikalla. (2022). CSR YAYASAN HADJI KALLA IKUTI FORUM KORDINASI CSR PROVINSI SULAWESI SELATAN; SINERGITAS LEMBAGA SOSIAL DAN PEMERINTAH SULSEL. Yayasanhadjikalla.Co.Id.