PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI COFFEE TERSERAH KOTA LUWUK

Authors

  • La Saudin Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai
  • Sutrisno K Djawa Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • La Diu Samiu Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v6i2.1708

Keywords:

Kata Kunci, Desain Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh Desain Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian Pada Kedai Coffee Terserah Kota Luwuk, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu Metode Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil uji Validitas dan Realibilitas secara keseluruhan hasilnya menunjukkan bahwa instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid dan reliabel. Hasil Koefisien Linear Berganda diperoleh persamaan Y = 0,096 + 0,766 X1 + 0,202 X2 pengujian Uji F atau Uji Simultan yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y secara keseluruhan. Dari perhitungan SPSS versi 25.00 maka dihasilkan nilai f hitung 254,732 dan nilai f tabel adalah 3,15 maka f hitung 245,732 > f tabel 3,15 berarti ada pengaruh secara simultan, dan dengan membandingkan level of significant (α) 5% diperoleh hasil probabiliti 0,00 karena 0,00 < 0,05 maka ada pengaruh secara simultan selebriti endorser (X1) dan desain produk (X2), terhadap keputusan pembalian (Y). Pengaruh secara parsial semua berpengaruh ini dibuktikan nilai signifikansi > 0,05. Hasil dari regresi diperoleh R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,830 atau 83 % artinya variabel dependen (Y) dalam model (Y) dijelaskan oleh variabel independen (X) Desain Produk (X1) dan Harga (X2), sedangkan sisanya sebesar 17 % dijelaskan oleh faktor lain tidak dihipotesiskan atau variabel lain yang tidak dimasukkan didalam model dan koefisien korelasi sebesar 0,60, hal ini berati korelasinya kuat. Kata Kunci : Desain Produk, Harga, Keputusan Pembelian ABSTRACT This study aims to determine the influence of celebrity endorsers on Vivo Smartphone purchase decisions, this study uses a quantitative method, namely the Multiple Linear Regression Method. Based on the results of the Validity and Reliability test overall the results indicate that the measurement instrument used in this study is valid and reliable. The results of the Multiple Linear Coefficient obtained by the equation Y = 0.096 + 0.766 X1 + 0.202 X2 Testing the F Test or Simultaneous Test which is used to determine the effect of the X variable and Y variable as a whole. From the calculation of SPSS version 25.00, the f arithmetic value is 254.732 and the f table value is 3.15, then f count 245.732 > f table 3.15 means that there is a simultaneous effect, and by comparing the level of significant (α) 5%, the probability 0 results are obtained. ,00 because 0,00 < 0,05 then there is a simultaneous influence of celebrity endorser (X1) and product design (X2), on the decision to repurchase (Y). The partial effect of all these effects is evidenced by the significance value > 0.05. The results of the regression obtained R2 (coefficient of determination) of 0.830 or 83%, meaning that the dependent variable (Y) in the model (Y) is explained by the independent variable (X) Product Design (X1) and Price (X2), while the remaining 17% is explained by other factors are not hypothesized or other variables are not included in the model and the correlation coefficient is 0.60, this means the correlation is strong. Keywords: Product Design, Price, Purchase Decision

References

DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofjan .(2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi,edisi pertama.Jakarta:Rajagrafindo.

Basu Swastha. (2012). Manajemen Penjualan, Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta

Dwi Mulyono Nugroho. 2015: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Desain Produk Layanan dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel,Jurnal OE,Vol 7, No. 2,158-174

Evelina, Nela. Handoyo DW, dan Sari Listyorini. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promoi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal. 1-11.

Fred E. Hahn dan Kenneth G Mangun alih bahasa JJ. Waskito 1999. Beriklan dan Berpromosi Sendiri, Jakarta: PT. Grasindo

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi

_____________. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Banggai:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Godin, Seth. (2013). Marketing Trend: Tren Pemasaran, Alih Bahasa: T.Hermaya, Libri, Jakarta.

Garvin, D. A. 1998. Managing Quality. New York: The Free Press

Garvin, D. A. dan Lovelock. 2004. Strategi Marketing. Yogyakarta: Andi

Hasan.Iqbal,2004, Analisis DataPenelitian Dengan Statistik,Jakarta: Bumi Aksara.

Hansein & Mowen. (2005). Management Accounting 7th Edition. Singapore : South-Western of Thomson Learning. Dialihbahasakan oleh Fitriasari, Dewi. Arnos, Deni. (2006). Akuntansi Manajemen. (Edisi Tujuh). Jakarta : Salemba Empat.

Jogiyanto H.M, 2004. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi Kedua,Yogyakarta,.

Jogiyanto H.M, 2005. Sistem Teknologi Informasi, Edisi Kedua, Yogyakarta,.

Kotler dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas.Jakarta : Erlangga.(2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi TigaBelas. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.(2014),.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2. EdisiKetiga Belas, Trejemahan Bob Sabran, MM Jakarta: Penerbit Erlangga(2008),

Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta ,(2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Cetakan 14. Bandung Alfabeta (2012).

Stanton, William J. (1998). Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1. Erlangga Jakarta

Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis. Andi Offset. Yogyakarta.

Satria Adhi Wicaksono. Skripsi, 2015. “Pengaruh Merek dan Desain Terhadap

Minat Beli Konsumenâ€, Undergraduate Thesis of Universitas Negeri Semarang. Dalam http://lib.unnes.ac.id/21460. Diakses tanggal 15 Desember2016.

Virawan, Wayan Adi, 2013. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Helm Merek Ink). Yogjakarta: UNY. Skripsi

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles