PENGARUH CONSUMER REVIEW, EASE OF TRANSACTION, CELEBRITY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN FOOD DELIVERY

Authors

  • Titik Winarti Universitas Negeri Surabaya
  • Yesi Artanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32529/jim.v6i2.1669

Keywords:

Consumer Review, Ease of Transaction, Celebrity Influencer, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Berkembangnya teknologi yang semakin modern berdampak positif bagi peradaban manusia dimasa pandemi. Selama masa pandemi banyak masyarakat yang menggunakan jasa pengantar makanan untuk memenuhi kebutuhan mereka ketika aktivitas diluar rumah terbatas. Pengantaran makanan sangat nyaman dan hanya menggunakan aplikasi yang disediakan mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian makanan tanpa harus keluar rumah. Konsumen dapat memesan makanan yang mereka butuhkan dan menikmatinya dengan nyaman di rumah tanpa khawatir kontak fisik dengan orang lain. Dalam hal ini peneliti menguji consumer review, ease of transaction, celebrity influencer terhadap keputusan penggunaan apikasi food delivery dimasa pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini terhadap pengguna aplikasi pengantar makanan Grabfood dengan rentang usia 16-55 tahun menggunakan sampel sebesar 200 dengan teknik non probability sampling. Penelitian termasuk jenis penelitian konklusif dan data dalam penelitian diperoleh melalui penyebaran kuisoner online. Data penelitian dianalisis melalui teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer review, ease of transaction dan celebrity influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi food delivery. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa consumer review, ease of transaction dan celebrity influencer berperan krusial dalam mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi food delivery. Implikasi praktis pada penelitian ini dapat digunakan untuk membantu kegiatan pemasaran dan promosi dari aplikasi pengantar makanan. Adapun implikasi teoritis pada penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel celebrity influencer berpengaruh paling besar dibandingkan dengan consumer review dan ease of transaction, sehingga apabila celebrity influencer meningkat maka hal tersebut dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi layanan pesan antar makanan.

References

Abderahman, K. F. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Grab-Food Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Akbar, R. M. I., Sularso, R. A., & Indraningrat, K. (2020). The Effect of Price, Ease of Transaction, Information Quality, Safety, and Trust on Online Purchase Decision. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 77.

Al-Emadi, F. A., & Ben Yahia, I. (2020). Ordinary celebrities related criteria to harvest fame and influence on social media. Journal of Research in Interactive Marketing, 14(2), 195–213.

Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15.

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Bailey, A. (2019). Social Media: The Good, The Bad, And The Ugly. Plastic Surgical Nursing : Official Journal of the American Society of Plastic and Reconstructive Surgical Nurses, 39(3), 66.

Carolyn, A. L., & Xiaowen, X. (2017). Effectiveness oOnline Consumer Reviews: The Influence of Valence, Reviewer Ethnicity, Social Distance And Source Trustworthiness. Internet Research, 27(2), 362–380.

Casalo, L. V., Flavian, C., & Ibanez-Sanchez, S. (2020). Influencers on Instagram: Antecedents And Consequences of Opinion Leadership. Journal of Business Research, 117(October 2017), 510–519.

Celik, H. E., & Yilmaz, V. (2011). Extending The Technology Acceptance Model For Adoption of E-Shopping By Consumers In Turkey. Journal of Electronic Commerce Research, 12(2), 152–164.

Dizon, M.F., (2015). What is An Influencer? Business Mirror. ISSN 19081189.

Halonen-Knight, E., & Hurmerinta, L. (2010). Who endorses whom? Meanings transfer in celebrity endorsement. Journal of Product and Brand Management, 19(6), 452–460.

Harahap, A. (2018). Pengaruh Transaksi Non Tunai Menggunakan Layanan Virtual Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Indomarco Prismatama Cabang Medan. Jurnal Bisnis Net, 1(1), 2021–3982.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 234–239.

Hartono, C., Silintowe, Y. B. R., & Huruta, A. D. (2021). The Ease of Transaction And E-Service Quality of E-Commerce Platform on Online Purchasing Decision. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 13(2), 81.

Hsu, C. L., Lin, J. C. C., & Chiang, H. Sen. (2013). The Effects of Blogger Recommendations on Customers Online Shopping Intentions. Internet Research, 23(1), 69–88.

Ilham Fachmi, M., Rahayu Tri Astuti, S., & Manajemen, J. (2016). Analysis of Website Design, Vendor Reputation, And Perception of Ease Of Transaction of Online Shopping Purchasing Decisions With The Perception of Customer Value as An Intervening Variable. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–17.

Jeon, S., Khoja, H., Stita, H., & Arshad, N. (2020). Payment Methods Influencing Purchase Behavior In The Clothing E-Commerce Title: Payment Methods Influencing Purchase Behavior In Clothing E-Commerce. A study of millennials in Sweden.

Kamal, S. A., Shafiq, M., & Kakria, P. (2020). Investigating Acceptance of Telemedicine Services Through An Extended Technology Acceptance Model (TAM). Technology in Society, 60(March 2019), 101212.

Kusuma, T. M., & Hermawan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 176–180.

Lee, J., Park, D. H., & Han, I. (2008). The Effect of Negative Online Consumer Reviews on Product Attitude: An Information Processing View. Electronic Commerce Research and Applications, 7(3), 341–352.

Malhotra, N. K., & Birks, D. F. (2015). Marketing Approach: An Applied Approach. In Pearson Education Limited.

Mavroudis. (2018). Fame labor. In C. Abidin & M. Brown (Eds.), Microcelebrity Around The Globe (pp. 83-93). Emerald Publishing Limited.

Mediakix. (2017). Instagram influencer marketing is a 1 billion dollar industry.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, M. I. F. D. P. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Se’I Sapiku Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1417–1427.

Rahmawati, W. (2019). "Transaksi Tanpa Uang Tunai Makin Populer di Indonesia".

Renny, Guritno, S., & Siringoringo, H. (2013). Perceived Usefulness, Ease of Use, and Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 81, 212–216.

Sattar, Mihani, A. S. Y. (2021). The Influence Of Consumer Confidence And Ease Of Transactions On Online Shopping Interests In Students Of The Indonesian College Of Management Science. 1(2), 164–170.

Shimp, A. T., & Andrews, Craig, J. (2015). Advertising, Promotion and Other aspects of Integrated Marketing Communications. Integrated Marketing Communications, 614.

Soetanto, J. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial di Semarang. Doctoral Dissertation, Unika Soegijapranata Semarang.

Thomson, P. S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. July, 1–23.

Tsen, W. S., & Cheng, B. K. L. (2021). Who to find to endorse? Evaluation of online influencers among young consumers and its implications for effective influencer marketing. Young Consumers, 22(2), 237–253.

Turban, E. (2015). Electronic commerce. In Springer (Vol. 29, Issue 3).

Von Helversen, B., Abramczuk, K., Kopec, W., & Nielek, R. (2018). Influence of consumer reviews on online purchasing decisions in older and younger adults. Decision Support Systems, 113(March), 1–10.

Wachyuni, S. S., & Priyambodo, T. K. (2020). the Influence of Celebrity Endorsement in Restaurant Product Purchase Decisions Making. International Journal of Management, Innovation & Entrepreneurial Research, 6(2), 45–54.

Yayli, A., & Bayram, M. (2012). E-WOM: The effects of online consumer reviews on purchasing decisions. International Journal of Internet Marketing and Advertising, 7(1), 51–64.

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Isoquant : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90.

Downloads

Published

2023-01-18

Issue

Section

Articles