PENGARUH SELEBRITI ENDORSER DAN DESAIN PRODUKTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Vivo Yang Membeli Di Citra Raya Seluler Luwuk)
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v2i1.166Keywords:
Selebriti endorser, Desain Produk, dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh selebriti endorser terhadap keputusan pembelian Smartphone Vivo, penelitian ini menggunakan metode kuantitati yaitu Metode Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil uji Validitas dan Realibilitas secara keseluruhan hasilnya menunjukkan bahwa instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid dan reliabil. Hasil Koefisien Linear Berganda diperoleh persamaan Y = 0,273 + 0,364 X1 + 0,568 X2 pengujian Uji F atau Uji Simultan yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y secara keseluruhan. Dari perhitungan SPSS versi 16.00 maka dihasilkan nilai f hitung 13,786 dan nilai f tabel adalah 3,19 maka f hitung 13,786 > f tabel 3,19 berarti ada pengaruh secara simultan, dan dengan membandingkan level of significant (α) 5% diperoleh hasil probabiliti 0,00 karena 0,00 < 0,05 maka ada pengaruh secara simultan selebriti endorser (X1) dan desain produk (X2), terhadap keputusan pembalian (Y). Pengaruh secara parsial semua berpengaruh ini dibuktikan nilai signifikansi > 0,05. Hasil dari regresi diperoleh R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,63,4 atau 63,4% artinya variabel dependen (Y) dalam model (Y) dijelaskan oleh variabel independen (X) selebriti endorser (X1) dan desain produk (X2), sedangkan sisanya sebesar 36,6% dijelaskan oleh faktor lain tidak dihipotesiskan atau variabel lain yang tidak dimasukkan didalam model dan koefisien korelasi sebesar 0,600, hal ini berati korelasinya kuat.