PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v6i1.1504Keywords:
Kepercayaan, Kepuasan dan Loyalitas NasabahAbstract
ABSTRAK Loyalitas nasabah merupakan tuntutan mutlak bagi perusahaan untuk menjamin kelangsungan hidup dalam usahanya tersebut, karena loyalitas nasabah merupakan puncak pencapaian pelaku bisnis.Dengan mendapatkan pelanggan yang loyal mampu membuat peluang yang besar bagi bank untuk memperluas jaringan pemasaran dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kualitas Layanan,Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan serta kepercayaan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner yang dibafikan secara online ,Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah di PT. Bank Syariah sebanyak 155. Dengan karakteristik nasabah di PT. Bank Syariah dan berusia minimal 17 tahun, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 0,050 atau 50,0% variabel Loyalitas Nasabah bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam penelitian yaitu Kualitas layanan,kepercayaan, dan kepuasan secara bersama-sama. Sedangkan 50,0% sisanya dijelaskan oleh variabel yang lain diluar penelitian ini yang merupakan kontribusi dari variabel bebas selain kedua variabel dalam penelitian.References
Altje Tumbel. 2016. “Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatanâ€. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. Vol. 3 No. 1. Hlm. 64-79.
Ayu Fusva Indah Manik. Pengaruh Kepuasan Nasabah, Loyalitas, Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia. 9th Industrial Research Workshop and National Seminar.
Azka Al Afifah. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Skripsi, tidak diterbitkan. Palembang: UIN Raden Fatah.
Azwar Saifudin. 1986. Validitas dan Reliabilitas. Jakarta: Rineka Cipta.
Bougie & Sekaran. 2013. Edisi 5, Research Methods for Business: A skill Building Approach. New York: John wiley@Sons.
Fitri Ningtyas dan Basuki Rachmad. 2011. “Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi Penanganan Masalah dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Bank Muamalat di Surabayaâ€. Jurnal Bussines And Banking. Vol 1. No. 1. Hlm. 51 – 60.
Kotler & Amstrong. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I Dan II Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kuncoro & Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 3. Jakarta : Penerbit Erlangga.
M.A Mukminin dan F.N Latifah. 2020. “Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Di Sidoarjoâ€. Islamic Banking and Finance Journal .Vol. 4. No. 1. Hlm. 54-72.
M.Bahrudin & Siti Zuhro. 2015. “Pengaruh Kepercayan dan Kepuasan Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabahâ€. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Vol. 3. No. 1. Hlm. 3-17.
Mulyo Budi Setiawan & Ukudi. 2007. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabahâ€. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol. 14. No.2. Hlm. 215-227.
Ndubisi Nelson. 2007. “Relationship Marketing and Customer Loyaltyâ€. Journal of Marketing. Vol.25. No.1. Hlm. 98-106.
O’ Shaughnessy. 1992. “Enclaves and Excursionsâ€. International Journal of Psycho Analys. Hlm. 603-611
Roesdian Bayu Ardiyanto. 2013. Pengaruh Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah yang Dimrdiasi oleh Kepercayaan Nasabah pada Bank BRI Syariah Surakarta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Y.Trisusanti. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan terhadap Layanan Nasabahâ€. Vol. 4. No. 2. Hlm. 1-16.
Yelli Trisusanti. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabahâ€. JOM FISIP. Vol. 4. No. 2.
Zulkifli Matondang. 2009. “Validitas dan Reliabilitas suatu Instrumen Penelitianâ€. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol.6. Hlm. 87-97.