OPTIMALISASI SERVICE QUALITY PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.32529/jim.v5i2.1418Keywords:
Optimalisasi Service Quality, Usaha Mikro Kecil dan MenengahAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara, baik itu negara yang sedang berkembang maupun negara yang sudah maju. Industri restoran dan rumah makan hingga saat ini masih mendominasi sebagai slaah satu bentuk usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus kedepan, bahkan dalam kondisi krisis ekonomi sekalipun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Service Quality terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen, maupun dimoderasi oleh variety seeking. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 responden sebagai pengunjung di rumah makan dan minuman di Kota Ternate. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Path Analysis dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Service Quality berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, namun Service Quality tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, walaupun kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, serta Variety Seeking bukan sebagai variable moderasi hubungan Service Quality terhadap loyalitas konsumenReferences
A. Azhari, 2021. Factors affecting Labor Absorption on the MSME Sector in Indonesia: Error Correction Model Approach. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis Volume 12, Nomor 1, P-ISSN 2089-1989 E-ISSN 2614-1523
A Wirapraja, H Aribowo, E T Setyoadi, 2021. The Influence of E-Service Quality, and Customer Satisfaction On Go-Send Customer Loyalty In Surabaya. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS) Vol. 3, No. 2
Alma, Buchari, 2016. Pengantar Bisnis. Edisi Revisi. Alfabeta, Bandung
Agustinus, Victor Pattiasina, Eduard Yohannis Tamaela, 2020. The Increased Satisfaction of Customer Loyalty: An Impact of Variety Seeking Moderation. International Journal of Advanced Science and Technology Vol. 29, No. 5s, pp. 1717-1723, ISSN: 2005-4238
Anak Agung Istri Setiari JMH, Anak Agung Putu Agung, I Wayan Sujana, Nengah Landra, 2020. Service Quality, Customer Satisfaction, and Company Image towards Customer Loyalty At Pt. Gajah Gotra Bali. International Journal of Contemporary Research and Review, IJCRR 11 (09), 21884−21898, ISSN (O) 0976-4852.
Astamoen, Moko P, 2018. Entrepreneurship, dalam perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Alfabeta, Bandung
Bambang Arianto, 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2
Berry, A., Rodriquez, E. & Sandeem, H. (2011). Small and medium enterprises dynamics in Indonesia.Bulletin of Indonesian Economic Studies,37(3),363-384
Bharadwaj, Sundar G, P. R. Varadarajan, & Fahly, Jihn, 1993. Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions. Journal of Marketing. Vol. 57, p. 83-99
Candra Alfiyanto1, Farida Indriani, Mirwan Surya Perdhana, 2020. The Effect of Service Quality on Consumer Trust and Customer Satisfaction to Improve Customer Loyalty on go-car Transportation Online in Semarang City. Diponegoro Journal of Economics Volume 9, Nomor 1, ISSN (Print): 2337-3814
Craven, David W, 2016. Pemasaran Strategis, Jilid 1 dan 2, Terjemahan Indonesia, Erlangga, Jakarta
David, F. R. (2009). Manajemen strategi. Edisi Kesepuluh. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat
Dewia, Ferdian Hajadia, Yunita Wijaya Handranataa and Maria Grace Herlina, 2021. The effect of service quality and customer satisfaction toward customer loyalty in service industry. Uncertain Supply Chain Management 9, 631–636
Dewi, Sensi Tribuana, 2016. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan). Tesis. Program Magister Manajemen Universitas Diponogoro
Dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Ternate, 2018. Jumlah industri perhotelan, restoran, rumah makan, dan kafe di Kota Ternate.
Droge, Cornelia & Shownee Vickery, 1994. Source and Outcomes Of Competitive Advantage: An Explanatory Study In The Furniture Industri. Decision Sciences, p. 669 – 689
Eva Monica, Basu Swastha Dharmmesta, Suci Paramitasari Syahlani, 2017. Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas, Vol. 14 No. 2, p-ISSN: 1693-5683; e-ISSN: 2527-7146
Fadilah Nur Azizah, Igo Fadilah Ilham, Liza Putri Aqidah, Safira Aliyani Firdaus, Setyani Agung Dwi Astuti, Imam Buchori, 2020. Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 5, No. 1, Print ISSN: 2548-6004; Online ISSN: 2715-4882
Halim, Abdul 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol. 1, No. 2. p-ISSN: 2621-3842, e-ISSN: 2716-2443
Herrukmi Septa Rinawati & FX Sri Sadewo, 2019. Pengembangan Model Kemitraan UMKM dengan Usaha Skala Sedang dan Besar di Jawa Timur Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Inovasi Kebijakan, Matra Pembaruan 3 (2): 67-77, e-ISSN: 2549-5283 p-ISSN: 2549-5151.
I Gusti Ngurah Surahman, Putu Ngurah Suyatna Yasa and Ni Made Wahyuni, 2020. The Effect of Service Quality on Customer Loyalty Mediated by Customer Satisfaction in Tourism Villages in Badung Regency. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha Volume 7, Nomor 1, EISSN 2579-8162 ISSN 2355-4150
Imanuddin Abil Fida1 Daris Sambiono2, Fahmi Shiddiqi3, Saiful Ukamah, 2021. Transaksi e-Commerce sebagai Pertahanan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Perspektif ISLAM. Jurnal Imtiyaz, Vol 5. No. 02
Intan Purnama Sari, 2020. The Effect Of Service Quality, Customer Satisfaction And Trust On Customer Loyalty In Pt Teleperformance Indonesia. HUMANIS (Humanities,Management and Science Proceedings) Vol.01, No.1
Irman Firmansyaha, Wildan Dwi Dermawana, Andri Helmi Munawara , dan Dede Arif Rahmania, 2021. Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era New Normal Melalui Pendekatan Analytic Network Process (ANP). Jurnal Ekonomi Indonesia, Volume 10, Number 2. p-ISSN: 0854-1507; e-ISSN: 2721-222X
Isti Indri Astuti, 2021. UMKM Sebagai Pembangkit Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi Berbasis Digital Marketing. Eksaminasi: Jurnal Hukum Vol. 1 No. 1 (2021) pp. 59-65
Keni Keni1, Kavira Kamate Sandra, 2021. Prediksi Customer Experience dan Service Quality terhadap Customer Loyalty: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol. 5, No. 1, ISSN 2579-6224 (Versi Cetak), ISSN-L 2579-6232 (Versi Elektronik)
Khabib Alia Akhmad dan Singgih Purnomo, 2021. Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surakarta. jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik, Vol. 25 No. 1, ISSN: 1410-3737(p) 2621-069X(e)
Lies Maria Hamzah Devi Agustien, 2019. Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan (JEP), Vol. 8, no. 2. ISSN : 2302 – 9595
Ling, Ay, 2013. Pengelolaan dan pengembangan usaha pada usaha mikro kecil menengah (studi deskriptif pada rumah makan Palem Asri Surabaya). Jurnal Agora Vol. 1, No.
Mas’adah, Asngadi, Agung Hirmantono, 2021. Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus UMKM di Kawasan Pondok Pesantren Darul 'Ulum Jombang (MSME Marketing Strategy during the Covid-19 Pandemic: Case study of UMKM in the Area of Pondok Pesantren Darul 'Ulum Jombang). Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital (JBPD) Vol 1, No 1, 2021, 43-48
Maskarto Lucky Nara Rosmadi, 2021. Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2
Muhammad Rizal, Ria Afrianti, Iman Abdurahman, 2021. The Impact of the Policy for Implementing Community Activity Restrictions for Coffee Shop Businesses during the COVID-19 Pandemic Era Affected in Purwakarta Regency. Jurnal Inspirasi, Vol. 12. No. 1
Nuri Yussofa Rizal, 2021. Pandemi Covid-19 Mengakibatkan Melemahnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Wilayah Kejeran, Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.8, ISSN 2722-9475 (Cetak), ISSN 2722-9467 (Online)
Pearce II, John dan Robinson, JR, Richard B. 2017. Manajemen Strategik (Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian). Jilid satu. Binarupa Aksara
Porter, Michael, E., 2017. Competitif Strategy. The FreePress, New York. P. 20
Prakosa, Bagas, 2015. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang). Journal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 2 No.1
Sara Javed, Md. Salamun Rashidin, Mingxia Zhu, Zhexiao Xu , Wang Jian, and Siming Zuo, 2021. Combined Effects of Drivers and Impact of Customer Satisfaction on Brand Loyalty: The Contingent Effect of Social Trust. Journals.sagepub.com/home/sgo, Vol 1, No. 18
Siti Nuzul Laila Nalini, 2021. Dampak covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 4 No 1, E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 2614-3259
Soegoto, Eddy Soeryanto, 2015. Sumber Keunggulan Bersaing, Strategi Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Posisional dan Kinerja Pemasaran PTS. Majalah Ilmiah Universitas Komputer Indonesia. Vol. 11. No. 1
Suendro, Ginanjar, 2014. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mecapai Keunggulan Bersaing (Studi kasus pada Industri Kecil Dan Menegah Batik Pekalongan). Journal Studi Manajemen & Organisasi, Vol 1, No 2
Sukirno, Sadono; Husin, Wan Sabri; Indrianto, Danny; Sianturi, Charles dan Saefullah, Kurniawan, 2013. Pengantar Bisnis. Edisi pertama, Kencana, Jakarta
Sulistyastuti, D. R. (2014). Dinamika usaha kecil dan menengah (UMKM) analisis konsentrasi regional UMKM di Indonesia 1999-2001. Jurnal Ekonomi Pembangunan 9(2),143-164
Suryana, 2013. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat, Jakarta
Syariful Mahsyar, Untung Surapati, 2020. Effect of Service Quality and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), Vol-4, Issue-1, E-ISSN: 2614-1280 P-ISSN 2622-4771
Tati, 2021. Analisis pengambilan keputusan Taktis Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Di Masa Pandemi Covid’19. Jurnal Ekonomi, Vol. 17, No. 1, ISSN 0213-2431 (Print) ISSN 2502-9525 (Online)
Terry, G. R . (2014). Prinsip-prinsip manajemen, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tjiptono, Chandra & Adriana. 2018. Pemasaran Strategik, Andi, yogyakarta.
Undang-Undang Nomor 9, 1995. Tentang Kriteria Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta
Usvita, Mega, 2015. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Survey pada UKM Pangan Dinas Perindag Kota Padang). Jurnal Apresiasi Ekonomi. Volume 3 Nomor 1. Hal: 31-37
Valentine Siagian, 2020. Customer Expectation and Customer Satisfaction: Reviewing Service Quality of UBER. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 6(2): 209-217, ISSN 2407-2648 (Print) ISSN 2407-263X (Online), DOI: 10.31289/jkbm.v6i2.3715
Yuni Istanto, 2014. Pengaruh Strategi Keunggulan Bersaing dan Positioning terhadap Kinerja (Survey pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Sleman Yogyakarta). Buletin Ekonomi: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta. Vol. 8, No. 2. Hal. 70-170.
Yuridistya Primadhita, Susilowati Budiningsih, 2020. Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan Model Vector Auto Regression. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 17 No. 01, p-ISSN 1858-1048 e-ISSN 2654-9247