OPTIMALISASI HASIL BELAJAR SHOOTING PADA PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PEMBELAJARAN YANG DIMODIFIKASI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Andi Nur Abady STOK Bina Guna Medan

DOI:

https://doi.org/10.32529/bsej.v1i1.530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lay ap shoot melalui penggunaan media modifikasi pada siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan pada tahun 2018/2019. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik melakukan gerakan lay up masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII    SMP Al-Hidayah Medan pada tahun 2018/2019 yang berjumlah 17 orang, diantaranya terdiri dari 3 orang siswa putra dan 14 orang siswa putri.

            Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar shooting  yaitu (41%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (59%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik shooting  pada siklus I secara keseluruhan mencapai (58,82%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar shooting yaitu (88%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (12%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik melakukan shooting  pada siklus II mencapai (88,23%).

            Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media modifikasi bola plastik dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar shooting  pada siswa kelas siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan pada tahun 2018/2019.

References

Abdulkadir A. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Abdurrahman M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta, Rineka Cipta.

Ahmadi N. 2007. Permainan Bola Basket. Surakarta : ERA INTERMEDIA

Arikunto.2003 Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi), Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto S. dkk. 2006. Penlitian Tindakan kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Daryanto. 1997. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Mandar Maju

Dewi R. 2009. Profesional Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan : Dharma

Hamalik. 2001Perencanaan pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara

Irfan M. 2007. Sejarah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Medan. FIK UNIMED.

Ishak dan Rusdi. 2009. Bola Basket Lanjutan. Medan, FIK UNIMED

Jon Oliver. 2007. Dasar-dasar Bola Basket. Bandung, Pakar raya

Muhajir. 2007. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Yudhistira

Mukholid A. 2007. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Surakarta :Yudhistira

Rusli L. 2000. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Surakarta, Yudhistira

Subroto T. 2000. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Sudjana N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Suherman A. 2000. Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Suparno. 2008. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. kelas VIII . Jakarta : PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-04-16

Issue

Section

Articles