PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKAN BAN DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS IV & V SDN INPRES BANGGAI TAHUN PELAJARAN 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.32529/bsej.v1i1.523Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pembelajaran lompat jauh menggunakan ban dapat meningkatan prestasi lompat jauh. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres Banggai yang melibatkan kelas IV & V semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 31 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian, dengan menggunakan metode classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas), yang bertujuan untuk memperoleh perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran di SDN Inpres Banggai . Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.
Â
Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan: (1) teknik observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dalam belajar yang disusun oleh peneliti sebelum pembelajaran berlangsung; (2) Teknik tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam setiap siklusnya; (3) Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kondisi sekolah objek penelitian serta proses belajar mengajar di sekolah. Adapun subjek yang diwawancarai adalah kepala SDN Inpres Banggai dan guru penjaskes di SDN Inpres Banggai ; dan (4) Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa gambar selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis dengan deskriptif inferensial dan deskriptif statistik.
References
Agung, A.A.Gede. 1996. Pengantar
Evaluasi Pendidikan. Singaraja.
STKIP Singaraja
Agus S. Suryobroto. 2004. Diktat Mata
Kuliah Sarana dan Prasarana
Pendidikan Jasmani. Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen
Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
-------. 1992. Prosedur Penelitian; Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Azhar Arsyad, M.A. 2005. Media Pembelajaran, Jakarta : Depdiknas Yrama Widya
Depdiknas. 2003. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jakarta : Bagian Proyek Peningkatan Mutu Pelajaran IPA (SEQIP)
Eddy Purnomo. 2007. Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik, Yogyakarta: FIK UNY
Hujair AH Sanaky. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press
Johanata, Ari Mamang. 2009.
Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan pemberian Media Pembelajaran di SLTPN 1 Pracimantoro Wonogiri.
Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Kurniawan, Wawan. 2012. Teknik
Pemodelan sebagai Upaya untuk
Meningkatkan Prestasi Lompat
Jauh Siswa Kelas VIIIE SMP
Negeri 1 Palibelo Tahun
Pelajaran 2012/2013. Bima:
STKIP Taman Siswa.
LAAF : 2000. Mengajar Pendidikan
Jasmani, Jakarta : Direktorat
Jenderal Olahraga, Depdiknas
Moleong, Lexi, J. 2002. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Remaja
Rosdakarya: Bandung.
Salahuddin Muhammad 2018. Kontribusi Daya Ledak Tungkai dan KeseimbanganTerhadap Kemampuan Lompat Jauh Siswa SMP Negeri 1 Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser, Oktober 32 Vol.2No.2.http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/view/92
Tim Penyusun. 2003. Pedoman Tugas
Akhir. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta
Winkel, W.S. 1983. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Zainal Aqib. 2006. Penelitian Tindakan
Kelas, Bandung : CV Yrama
Widya
UUD 1945, GBHN 1999, Tap-tap MPR
RI 1999. Semarang: CV. Aneka
Ilmu.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 2 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta : Diperbanyak Oleh Media
Wiyata.