BAHAN AJAR DIGITAL ILMU GIZI OLAHRAGA DALAM HYBRID LEARNING

Authors

  • Firmansyah Firmansyah Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sardiman Sardiman Universitas Tadulako
  • Erwin Zainuddin Universitas Muhammadiyah Palu
  • Agusman Agusman Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.32529/bsej.v3i1.2374

Keywords:

hybrid learning, need assessment, ilmu gizi olahraga, bahan ajar digital

Abstract

Bahan ajar digital ilmu gizi olahraga merupakan bahan ajar melalui smartphone yang digunakan untuk membantu mahasiswa belajar materi ilmu gizi olahraga dalam perkuliahan yang menggunakan hybrid learning model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa akan bahan ajar digital dalam mata kuliah ilmu gizi olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang memprogram mata kuliah ilmu gizi olahraga. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner penilaian kebutuhan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan metode perkuliahan sudah sangat sesuai dengan kondisi dan situasi terkini. Penggunaan media pembelajaran menunjang proses perkuliahan serta membantu pemahaman materi ilmu gizi olahraga mahasiswa. Agar proses belajar lebih efektif, mahasiswa sangat perlu bahan ajar digital ilmu gizi olahraga yang berupa e-modul untuk menunjang perkuliahan yang menggunakan hybrid learning model.

References

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 9, 75. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Daum, D. N. (2020). Thinking about Hybrid or Online Learning in Physical Education? Start Here!: Editor: Brian Mosier. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 91(1), 42–44. https://doi.org/10.1080/07303084.2020.1683387

Hafid, H. A. (2016). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78.https://doi.org/10.24252/.v6i2.1403

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biology Education Ahmad Dahlan University Yogyakarta. BIO-PEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96–99. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27636

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12004

Lufthansa, L., Susilo, S., Zaini, M., Kusmawati, W., Pawitra, P. R. A., & Anugraini, A. P. (2019). Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga: Studi Motivasi dan Hasil Belajar. Journal Sport Area, 4(2), 327–338. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(1).3863

Lusiana, Hartati, & Aryanti, S. (2021). Analysis of the need for development of textbooks for android based physical education learning planning courses. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FKIP Universitas Sriwijaya, 356–361. Ma’ruf, M., Handayani, Y., Marisda, D. H., & Riskawati, R. (2020). The needs analysis of basic physics learning devices based on hybrid learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012029

Malahayati, E. N., & Zunaidah, F. N. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Kurikulum. Jurnal Basicedu, 5(6), 6218–6226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1802

Mulyaningtyas, R., & Nurjanah, E. (2021). Media Perkuliahan Daring di Jurusan TBIN IAIN Tulungagung. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 21–31. https://jurnal lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/775

Pawitra, P. R. A., Susilo, S., & Kusmawati, W. (2019). Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga Pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang: Studi Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal MensSana, 4(2), 175–178. http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/106/86

Pope, S. (2013). Technology in Mathematics Education. Journal of the Association of Teachers of Mathematics, 234, 6–8. https://www.atm.org.uk/write/mediauploads/journals/mt234/non member/atm-mt234-06-08.pdf

Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). Efektivitas E-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554

Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461–4469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794

Satyawan, I. M., Wahjoedi, W., & Swadesi, I. K. I. (2021). The Effectiveness of Online Learning Through Undiksha E-Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of Education Technology, 5(2), 191. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.32364

Shen, Y., & Shao, W. (2022). Influence of Hybrid Pedagogical Models on Learning Outcomes in Physical Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15). https://doi.org/10.3390/ijerph19159673

Supriadi, S. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Sutama, S., Sofia, S., & Novitasari, M. (2020). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa Dalam Konten Perubahan Dan Hubungan Pada Siswa Smp. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 29–36. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.1021

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716

Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 389. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.462

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles