PENGGUNAAN SINEMATOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Cica Wiswanti, Unik Hanifah Salsabila

Abstract


Penggunaan teknologi untuk pendidikankinisemakin berkembang. Teknology digunakan mulai dari administrasi hingga proses pembelajaran. Salah satuteknologiyang dapatdikembangkan sebagai media pembelajaran ialah sinematografi. Penulisan ini bertujuan agar dapat memberikan wawasan dan pandangan terkait penggunaan sinematografi dalam pembelajaran, khususnya pada proses pembelajaran PAI. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih variatif, menarik dan tidak membosankan serta mampu mengakomodir modalitas siswa dalam belajar.

Keywords


Cinematography;Islamic Education;Media;Learning;Film

Full Text:

PDF Download

References


Aka Kamarulzaman. (2005). Kamus Ilmiah Serapan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Absolut

Azhar Arsyad. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Baharun, Hasan. Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure. Jurnal Cendekia, 14. 2 (2016) : 243

Firmansyah, Rico Anthony,dkk. Pengaruh Penggunaan Film sebagai Media Belajar terhadap Pencapaian Higher Order Thinking Skill pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNAIR. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. 03.1 (2014): 45

Handayani, Muslih Aris. Studi Peran Film salam Dunia Pendidikan. INSANIA; Jurnal Pemikiran ALternatif Kependidikan. 11.2 (2006): 2

Mumtahanah, Nurotun. Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 4.1(2014) :92

Musfiqon, H M. 2010. Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta. Prestasi pustaka.

Rimbarizki, Rimbun. et.al. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. Jurnal UNESA -.- (2017): 6.

Sumiati dan Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Tenriawaru,dkk. Analisis Korelasi antara Golongan Darah Tipe Abo dengan Modalitas dan Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Dinamika. 7 .1(2016) : 42




DOI: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


PUBLISHER BY :

FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK
Jl. KH. Ahmad dahlan No. III/79, Luwuk, Kabupaten Banggai
Telp. (0461) 23452, Fax. (0461) 21725,

Creative Commons LicenseWeb Analytics