PENGGUNAAN MEDIA NEC PROJECTOR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEMESTER 1 MIN KILONGAN KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • Ilmawati Kasim

Abstract

Penggunaan Media Nec Projector dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Semester 1 MIN Kilongan Kabupaten Banggai. Karya Tulis Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan media Nec Projektor yang dilakukan di kelas V semester 1 MIN Kilongan Kabupaten Banggai dengan 2 kali pertemuan. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yaitu 75,70% pada pertemuan pertama menjadi 90,5% pada pada pertemuan kedua. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 68,89% pada pertemuan pertama kemudian meningkat lagi menjadi 82.44% pada pertemuan kedua. Dengan demikian karya inovasi teknologi dalam pembelajaran tematik menggunakan media Nec Projektor dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V semester 1 MIN Kilongan.

Author Biography

Ilmawati Kasim

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kilongan Kabupaten Banggai

References

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media.

Suprijono, Agus.2010. Cooperative Learning, Jakarta: CTSD

Septiani, Dewi.(2010). PTK Penggunaan Molymood dari Tanah Liat untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Bentuk Molekul pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA Semester Ganjil SMAN Mancak. Jakarta. Indeks.

Uno, Hamzah. B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara.

……_.2014. Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2018-08-04

Issue

Section

Articles