HUBUNGAN KECERDASAN NATURALISTIK DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA DI KOTA LUWUK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF DownloadReferences
Chase S. 2011. A Field Guide to Nature as Spiritual Practice. Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Co.
Djamarah S B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahliani E R, Rahmatan H, Djufri. 2020. The Correlation between Students’ Interest and Learning OutcomesiIn Biology. Journal of Physics: Conf. Series 1460 012072.
Ege B, Supiandi M I, Ridho D A S. 2016. Hubungan antara Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional IPA, Vol.1, 863-872.
Ekawati A. 2014. Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9 (2), 1-10.
Fauziah, Putra M, Hera R. 2015. Hubungan antara Minat dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Bionatural, 2 (2), 49-60.
Feng H Y, Fan J J, Yang H Z. 2013. The Relationship of Learning Motivation and Achievement in EFL: Gender as An Interediet Variable. Educational Research International (Online), 2 (2), 50-58.
Husin A. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Naturalis terhadap Pengetahuan Siswa tentang Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 13 (2), 53-65.
Khairuddin. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS, ISBN: 978.602.361.002.0.
Marwah S, Jufri M, Caronge M W. 2017. Hubungan antara Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biological Education, 1 (1), 1-5.
Nurlia, Hala Y, Muchtar R, Jumadi O, Taiyeb A M. 2017. Hubungan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2), 321-328.
Raharjo, A T. 2010. Hubungan antara Multiple Intelligence dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Psikologi, 5 (2), 311-322.
Selaras G H, Anhar A, Sumarnin R. 2013. Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Biologi Kolaboratif, 1 (1), 22-34.
Sholiah U, Saefudin, Priyandoko D. 2019. The Relationship Between Multiple Intelligences with Higher-Order Thinking Skills. International Conference on Elementary Education, 2 (1), 257-269.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syah M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yalmanci S G, Gozum C A I C. 2013. The Effects of Multiple Intelligence Theory Based Teaching on Students’ Achievement and Retention of Knowledge (Example of the Enzymes Subject). International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4 (3).
Zahedi Z, Ghabanchi Z. 2014. The Relationship between Logical, Naturalist Intelligences and Learning Grammar for EFL Learners at Elementary Level. Theory and Practice in Language Studies, 4 (2), 403-4.
DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.687
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats