STUDENTS’ MOTIVATION ON ENGLISH NATIVE SPEAKER’S TEACHING

Authors

  • YULIANA MANGENDRE University of Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

Motivasi, Mahasiswa, Penutur

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada mahasiswa semester 3 Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa dalam pemgajaran bahasa Inggris oleh penutur asing. Dalam penelitian ini 20 mahasiswa terlibat dalam penelitian. Data diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan perhitungan yang sederhana. Selanjutnya wawancara juga dilakukan untuk mendukung data kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan 40% mahasiswa memiliki motivasi dengan rentang skor 61%-80% dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi mahasiswa terhadap pengajaran penutur asli bahasa Inggris termasuk kategori “Tinggiâ€. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa mereka memiliki motivasi yang tinggi ketika di ajar oleh penutur asli bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi mengajar dan ketrampilan pedagody penutur asli bahasa inggris memberikan pengaruh dan kontribusi yang baik dalam dunia pendidikan.

Author Biography

YULIANA MANGENDRE, University of Muhammadiyah Luwuk

DOSEN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK

References

Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Cohen, L., manion, L., & Morrison, K. (2000). Research Method in Education.London: RoutledgeFalmer.

Ericksen, S.C. (1978). “The Lectureâ€. Memo to the faculty, no 60. Ann Arbor: Center for Research on Teaching and Learning, University of Michigan.

Ibrahim, S. (2004). Students’ perception on the teaching of native speaker (a reserach conducted in English Department of IKIP N Gorontalo). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Kohonen, V, et all. (2001). Experiental Learning in Foreign Language Education. England: Edinburg gate Harlow Essex.

Putra, R. Masri Sareb. (2007). How to write your own textbook. Bandung: Kolbu.

Sofs, Pakde. (2008) Motivasi dalam pembelajaran. Jakarta: YNTP for research and Development.

Downloads

Published

2020-10-28

Issue

Section

Articles