STUDENTS’ MOTIVATION ON ENGLISH NATIVE SPEAKER’S TEACHING

YULIANA MANGENDRE

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada mahasiswa semester 3 Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa dalam pemgajaran bahasa Inggris oleh penutur asing. Dalam penelitian ini 20 mahasiswa terlibat dalam penelitian. Data diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan perhitungan yang sederhana. Selanjutnya wawancara juga dilakukan untuk mendukung data kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan 40% mahasiswa memiliki motivasi dengan rentang skor 61%-80% dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi mahasiswa terhadap pengajaran penutur asli bahasa Inggris termasuk kategori “Tinggi”. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa mereka memiliki motivasi yang tinggi ketika di ajar oleh penutur asli bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi mengajar dan ketrampilan pedagody penutur asli bahasa inggris memberikan pengaruh dan kontribusi yang baik dalam dunia pendidikan.

Keywords


Motivasi; Mahasiswa; Penutur

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Cohen, L., manion, L., & Morrison, K. (2000). Research Method in Education.London: RoutledgeFalmer.

Ericksen, S.C. (1978). “The Lecture”. Memo to the faculty, no 60. Ann Arbor: Center for Research on Teaching and Learning, University of Michigan.

Ibrahim, S. (2004). Students’ perception on the teaching of native speaker (a reserach conducted in English Department of IKIP N Gorontalo). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Kohonen, V, et all. (2001). Experiental Learning in Foreign Language Education. England: Edinburg gate Harlow Essex.

Putra, R. Masri Sareb. (2007). How to write your own textbook. Bandung: Kolbu.

Sofs, Pakde. (2008) Motivasi dalam pembelajaran. Jakarta: YNTP for research and Development.




DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN GLASSER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Education Journal redation "GLASSER", Teacher Training and Education Faculty, University of Muhammadiyah Luwuk, address: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. III/79 Luwuk Banggai Kode Pos 94711. Email:glasser@unismuhluwuk.ac.id View My Stats

 

Creative Commons License